fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Kaget, Tiba-Tiba di Lakukannya Rapid Test Usai Shalat Tarawih

Kaget, Tiba-Tiba di Lakukannya Rapid Test Usai Shalat Tarawih

Jemaah Masjid Al-Ikhlas kompleks Perumahan Bluru Permai, Desa Bluru Kidul, Kecamatan Sidoarjo, Sidoarjo mendadak kaget. Tiba-tiba petugas Polresta Sidoarjo mendatangi masjid tersebut usai mereka menjalankan shalat tarawih, Rabu (6/5/2020). Ratusan orang yang berada di dalam masjid tiba-tiba diwajibkan mengikuti rapid test virus corona.

Di Masjid Al-Ikhlas Kecamatan Sidoarjo, ada sebanyak 123 orang menjalani rapid test dan 6 jamaah yang reaktif, ujar Kapolresta Sidoarjo, Kombes Sumardji. Enam orang yang menunjukkan reaktif itu, 4 orang di antaranya laki-laki dan 2 orang lainnya perempuan. Ini dilakukan meminimalisir penyebaran virus Corona. Ratusan jemaah baik laki-laki dan perempuan secara bergantian menjalani rapid test.

Mengetahui hal tersebut, mereka langsung dievakuasi ke ruang isolasi di Gedung Badan Kepegawaian Daerah Sidoarjo dan segera dilakukan swab. Setelahnya, petugas akan melakukan tracing jika hasil swab menunjukkan positif Covid-19. Sementara untuk rapid test di masjid lain, menunjukkan hasil nonreaktif secara keseluruhan.

Sumber: DetikNews

diketahui adanya rapid test memang digelar oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di masjid-masjid yang menggelar salat tarawih. Pasalnya, sesuai aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Sidoarjo, masjid tidak boleh mengadakan salat tarawih. Hanyalah  salat lima waktu saja yang diperbolehkan di masjid dan wajib mengikuti protokol kesehatan. Selain di Kecamatan Sidoarjo, rapid test juga digelar di masjid-masjid yang melaksanakan tarawih, seperti di Waru dan Taman.

BACA JUGA  Kegiatan Belajar Mengajar di Buka Kembali, Catatan dari Gugus Tugas Untuk Masyarakat

Berdasarkan informasi dari Kepala Dinkes Kabupaten Sidoarjo, Syaf Satriawarman mengatakan, rapid test ini terus digencarkan dan akan dilakukan menyebar di wilayah Sidoarjo.

Berdasarkan hasil rapid test ratusan jemaah tersebut, didapati 6 jamaah yang positif pada wartawan di lokasi, Kamis (7/5/2020). Syaf juga menambahkan bahwa  dari 6 jemaah tersebut terdiri dari 4 laki-laki dan 2 perempuan. Untuk selanjutnya, jelas dia, 6 jemaah akan dilakukan pemeriksaan test swab.

Jika dilihat dari pemeriksaan swab nantinya, hasilnya positif virus Corona, mereka akan diisolasi. Selain di Masjid Al Ikhlas, rapid test juga dilakukan di salah satu masjid di Jalan Raya Tropodo, Kecamatan Waru. Sebanyak 29 jemaah yang dilakukan rapid test, namun hasilnya non reaktif.

About dewi

Check Also

Tidak Diketahui Oleh Banyak Pelanggan Tri, Ternyata Inilah Fungsi Dari Poin Bonstri

BonsTri merupakan sebuah program atau even yang mengandalkan sebuah poin yang dikumpulkan dari provider atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *