fbpx
CORONA UPDATELuar NegeriTeknologi

Kabar Baik! Vaksin Covid-19 Asal China Respon Antibodi Hingga 100%

Kabar baik datang dari salah satu perusahaan asal China, yang diketahui tentang data klinis mereka yang menunjukkan Perkembangan positif mengenai vaksin virus Corona (Covid-19). Hal itu diungkapkan oleh perusahaan yang dikelola pemerintah China, Sinopharm, mereka menyatakan bahwa adanya sebuah perkembangan positif dari vaksin yang diciptakan oleh anak usahanya China National Biotec Group (CNBG) yang telah merespon antibodi penetral yang kuat dalam penelitian fase 1/2.

Dalam penelitian tersebut, kekuatan vaksin bekerja paling kuat saat diberikan 28 hari secara terpisah, hal itu dikarenakan seluruh peserta yang masuk dalam jadwal pemberian dosis mengembangkan antibodi penawar yang dapat mempertahankan sel dari infeksi.

Sampai saat, CNBG mengungkapkan bahwa sebanyak 1.120 sukarelawan yang menerima uji coba fase 1/2 telah menerima sebanyak 2 suntikan vaksin kekuatan dosis rendah, menengah atau tinggi – atau plasebo – masing-masing terpisah 14 hari, 21 hari, atau 28 hari. Tingkat serokonversi yang ada pada jadwal 14 hari dan 21 hari dari dosis tengah adalah 97,6 persen, dan pada 28 hari, itu menjadi 100 persen.

BACA JUGA  Penilitian Temukan Penularan Virus Corona Dari Kucing ke Kucing, Bagaimana Terhadap Manusia?

Sebenarnya perusahaan juga tidak menentukan tingkat respon antibodi penetral untuk dosis yang tinggi atau rendah. Hal itu juga tidak menentukan tingkat respon imun yang tepat, namun hanya mengatakan titer antibodi tinggi. Selain itu juga tidak ada efek samping serius yang diamati.

Vaksin ini merupakan salah satu dari dua suntikan yang tidak diaktifkan yang sedang dikerjakan oleh CNBG. Selain itu Wuhan juga pernah melakukan uji klinis menurut versi mereka yang pernah diadakan pada 12 April lalu dan yang dikembangkan oleh lembaga Beijing memasuki pengujian manusia pada akhir April.

CNBG memiliki tujuan untuk memproduksi 200 juta dosis vaksin virus Corona yang tidak aktif setahun melalui dua fasilitas produksi vaksin baru di Beijing dan Wuhan, menurut kantor berita negara Xinhua. Untuk sekarang, CNBG memberitahukan bahwa mereka akan bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan organisasi asing untuk menjalankan studi di luar negeri untuk uji coba efikasi fase 3.

Untuk memastikan apakah antibodi penawar cukup untuk melindungi seseorang dari Covid-19, tahap akhir dari uji klinis ini sangatlah diperlukan. Sementara itu, Bloomberg melaporkan pekan ini, dua vaksin eksperimental dari CNBG ini juga telah ditawarkan kepada karyawan perusahaan besar milik negara yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri.

BACA JUGA  Inilah Alasan Kenapa Kalian Harus Segera Update Aplikasi Zoom
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close