fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / Kabar Baik! Pemerintah Siapkan Kuota Internet Gratis untuk Pembelajaran Daring

Kabar Baik! Pemerintah Siapkan Kuota Internet Gratis untuk Pembelajaran Daring

Para provider berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik bagi para pelanggannya, seperti Tri yang juga menggunakan Bonstri sebagai daya tarik mereka. Kalian juga dapat melihat cara tukar poin Bonstri dengan kuota internet. Disamping itu, masyarakat patut bersyukur, karena bukan hanya provider, namun pemerintah juga memberi kemudahan.
Pada masa pandemi seperti saat ini, banyak masyarakat yang mengalami keluhan saat melaksanakan pembelajaran daring, kebanyakan dari mereka sering terkendala pulsa kuota internet dalam mengakses pembelajaran jarak jauh. Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menjelaskan bahwa mereka berupaya untuk mengatasi hal tersebut dengan memberikan subsidi kuota internet gratis untuk guru, siswa, mahasiswa, dan dosen sebagai solusinya.
Rencananya dari total Rp 7,2 triliun subsidi kuota internet akan diberikan selama 4 bulan ke depan yaitu dari bulan September hingga Desember 2020. Untuk rinciannya yakni siswa mendapat 35 GB/bulan, guru 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen mendapat 50 GB/bulan.
Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Jumeri, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud menjelaskan bahwa para peserta didik harus memiliki nomor ponsel yang aktif yang akan didaftarkan. Nantinya nomor ponsel para peserta didik akan didaftarkan oleh sekolah, selanjutnya data ponsel tersebut akan di data pokok pendidikan (dapodik).
Dari dapodik, mereka akan memilah setiap operator seluler yang kemudian setiap nomor diisi pulsa data internet. Selain itu, apabila siswa tidak memiliki nomor ponsel, maka mereka bisa memakai nomor orang tuanya untuk didaftarkan. Rencananya, kuota internet tersebut akan sampai pada awal September.
Jumeri mengatakan bahwa mereka berharap nantinya orang tua dapat membimbing dan mengawasi anak-anaknya, mereka tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jadi apabila nantinya kuota habis untuk hal-hal lain diluar PJJ, maka mereka dapat meminta kuota kepada orang tuanya.
Selain subsidi kuota internet Kemendikbud juga akan menggunakan dana sebesar Rp 1,7 triliun untuk penerima tunjangan profesi guru serta tenaga kerja pendidikan, dosen, dan guru besar. Ada juga bantuan lain yaitu BOS Afirmasi dan BOS Kinerja untuk 56.115 sekolah swasta dan negeri yang dianggap paling membutuhkan. Rencananya bantuan tersebut akan sampai di rekening sekolah pada akhir Agustus 2020.

About syharil

Check Also

Bingung Memilih Ponsel Dengan Kamera Bagus? Inilah 3 Rekomendasi SmartPhone Dengan Kamera Bagus di Harga 2 Jutaan

Banyak sekali dari mereka para pengguna smrtphone yang mencari smartphone dengan kamera bagus yang digunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *