fbpx
Dalam NegeriTeknologiUncategorized

Jumlah Peserta SBMPTN 2020 Untan Pontianak Menurun, Ternyata Ini Penyebabnya

Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri atau juga sering disebut dengan SBMPTN adalah sebuah seleksi bersama untuk penerimaan mahasiswa baru di lingkup perguruan tinggi negeri. Seseorang memiliki banyak keuntungan apabila mengikuti seleksi ini karena lebih efisien, murah, dan fleksibel.

Ujian ini biasanya diikuti oleh banyak peserta di seluruh Indonesia, namun pada tahun 2020 ini peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Hal ini terjadi di Universitas Tanjungpura Pontianak yang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 15 ribu peserta.

“Tahun ini peserta yang mengikuti tes SBMPTN berjumlah 9.936, tentu jumlah ini menurun dari tahun 2019 lalu yang mencapai 15 peserta,” hal itu diungkapkan oleh wakil rektor I Untan, Radian, Sabtu (11/7/2020).

Setelah diselidiki, ternyata penurunan jumlah peserta SBMPTN tersebut dikarenakan calon peserta yang diwajibkan memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang diketahui menjadi syarat sebelum akhirnya mendaftar. Sementara itu beberapa peserta yang bukan lulusan tahun 2020 ternyata tidak mengetahui bahwa mereka harus memiliki akun LTMPT sehingga hal ini tentu menjadi sebuah alasan yang mendasar karena jumlah peserta yang menurun.

BACA JUGA  Ini Dia Perbedaan UTBK 2019 dengan UTBK 2020, Simak Penjelasannya!

Namun ternyata Untan juga tidak mengetahui ada beberapa faktor lain, tapi saat ini masih mencukupi kuota penerimaan yang ditetapkan. Karena beberapa jurusan yang penerimaannya hanya 30 lebih namun peminatnya mencapai 1.000 orang.

Meskipun begitu, sebenarnya masih ada beberapa jurusan yang memang sedikit peminat karena dianggap sulit oleh para peserta. Namun selama ada peminat mereka tetap akan membuka jurusan yang ada.

Wakil rektor I tersebut juga mengatakan bahwa masih ada jalur mandiri yang dapat diikuti oleh para calon mahasiswa, meskipun peserta yang telah mengikuti UTBK tidak dapat mengikuti tes mandiri dikarenakan pendaftaran yang telah ditutup pada awal bulan Juli lalu.

Hal ini memang sudah sewajarnya, karena mereka mengikuti arahan dari panitia pusat supaya seleksi mandiri dilakukan lebih awal sehingga fokus pada satu tes, serta memberi kesempatan kepada perguruan tinggi swasta lainnya.

Untuk kalian yang ingin mengecek pengumuman hasil SBMPTN 2020, dapat klik link www.pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close