fbpx
Dalam NegeriUncategorized

Jawaban Kemenkeu Mengenai Gaji Ke-13 PNS

Gaji adalah sebuah upah yang diterima setelah menyelesaikan suatu pekerjaan. Tetapi banyak satuan pegawai yang menerima gaji mereka tidak pasti kapan tanggal pencairan gajian itu.mengenai gaji dari Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintah belum dapat  memastikan untuk keluarnya gaji ke-13 mereka.

Rahayu Puspasari selaku Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi  Kementrian Keuangan mengatakan bahwa tentang pencairan gaji ASN ke-13 masih dalam tahap pembahasan.”(Terkait dengan gaji ke-13 ) masih dibahas internal” kata Puspa krtika dihubungi oleh tim Kompas.com. Senin (22/06/2020).

Puspa juga menambahkan tentang pemberian gaji ke-13 mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya termasuk tentang masa pandemi Covid-19  yang sedang terjadi. “Yang jelas akan melihat perkembangan perekonomian, kondisi penanganan terhadap covid_19, dan prioritas penggunaan data,” kata Puspa.

Untuk tahun lalu, pembayaran gaji ASN ke-13 dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan mengatakan bahwa untuk gaji ke-13 sudah masuk dalam daftar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020. Tahun yang lalu, pembayaran gaji dilakukan pada jadwal yang ada, yakni bulan Juni 2019.

BACA JUGA  Tri Indonesia Dapat Keuntungan Pesat dari WhatsApp, Zoom dan Google

Pada tahun lalu, untuk keseluruhan dana yang digunakan untuk gaji ke-13 ASN menghabiskan dana sebanyak 20 Triliun.  Dan juga  untuk Tunjangan Hari Raya 2020 untuk ASN, TNI, Polri tidak diberikan untuk semua jabatan. Untuk tahun ini, PNS yang memperoleh THR yairu dari semua pelaksana dan anggota TNI-Polri, hakim, dan hakim agung yang setara dengan jabatan eselon II.

Untuk pejabat daerah, pejabat Negara, presiden, menteri, DPR RI,Pegawai eselon I dan II, serta DPP tidak menerima THR. Dana lain juga diberikan kepada abdi Negara tahun ini sebesar Rp 29,382 triliun dalam bentuk THR. Tetapi, untuk waktu pencairan gaji ASN ke -13 masih belum ada kepastian, juga golongan penerimanya masih menunggu sebuah kepastian.

Gaji antara PNS dan ASN ke-13  baru ada pada tahun 2016. Berbeda dengan pegawai swasta. THR diberikan kepada ASN sebagai ganti karena tidak adanya kenaikan gaji. PNS mendapatkan THR lepih cepat dari hari raya, yaitu sekitar 10 hari sebelum hari raya. Untuk kisaran berapa THR ini tergantung pada instansi yang diikuti masing-masing, mulai dari sebuah kembaga atau kementrian pusat atau daerah.

BACA JUGA  Viral! Sungguh Mulia, Ibunya Sakit Stroke, Pria Ini Rela Merawatnya Sambil Dibawa Bekerja

Komponen THR meliputi gaji pokok ditambahkan dengan tunjangan melekat. Aja juga beberapa instansi yang menetapkan THR yang diisi oleh gaji pokok, tunjangan melekat, dan titambahkan dengan tunjangan kinerja. Untuk gaji ke-13  meliputi gaji pokok, tunjangan melekat, dan tunjangan kinerja. Gaji ke-13 membuat lebih besar dari THR. Gaji PNS ini biasanya dilakukan saat pertengahan tahun yang diatur pada PP Nomor 35 Tahun 2019.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close