fbpx
Gaya HidupTrik & TipsUncategorized

Jangan Ragu Bersedekah, Ini Dia 5 Manfaat Yang Dapat Kamu Ambil! (Wajib Tahu)

Berbagi kepada sesama merupakan sebuah kegiatan yang sangat dianjurkan kepada seluruh umat manusia. Bahkan Islam mengajarkan sedekah untuk bisa sering dilakukan.

Bersedekah merupakan cara berbagi rezeki serta harta kepada orang lain. Dalam Islam orang yang paling utama diberikan sedekah adalah kepada kerabat, selanjutnya kepada fakir miskin dan anak yatim atau siapapun yang membutuhkan.

Sedekah biasanya identik dengan uang, namun sebenarnya sedekah tidak hanya uang saja, tapi juga dapat berupa barang maupun bantuan atau jasa kepada orang lain. Dalam Islam orang yang bersedekah akan memperoleh banyak pahala, namun sebenarnya bukan hanya pahala tapi masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari bersedekah.

Untuk mengetahuinya, dilansir dari Tribunnews, inilah beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari bersedekah.

  1. Meningkatkan rasa syukur

Sebenarnya sangatlah banyak nikmat yang telah diberikan oleh Sang Kuasa kepada hamba-Nya, baik dari nikmat yang kecil hingga nikmat yang besar. Semua hal tersebut memanglah patut kita syukuri.

Oleh karena itu dengan bersedekah berarti kita telah bersyukur atas apa yang diberikan oleh-Nya. Untuk bersedekah kita tidak perlu menunggu menjadi kaya, namun bersedekah dapat kita lakukan sewaktu-waktu.

  1. Melatih berpikir positif
BACA JUGA  Inilah, List Destinasi Wisata Lokal yang Wajib Dikunjungi

Seseorang yang dipenuhi dengan pikiran negatif pasti tiap harinya orang tersebut sangat jarang untuk bersyukur, padahal masih banyak orang yang lebih buruk kondisinya daripada itu. Maka dari itu kita perlu berpikir positif, bahwa dengan sedekah maka apa yang telah kita lakukan akan memberikan kebaikan dan manfaat baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain.

  1. Meningkatkan empati

Orang yang bersedekah dengan ikhlas artinya ia bertujuan untuk meringankan beban orang yang membutuhkan bantuannya. Dengan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sedekah dapat meningkatkan rasa empati kepada orang lain.

  1. Melancarkan rezeki

Hal ini sering dirasakan oleh seseorang, bahkan tanpa mereka sadari, bersedekah kepada orang lain akan melimpahkan rezeki orang yang bersedekah. Sebagai gambaran bahwa rezeki dapat diumpamakan sebagai air yang ada di sumur, jika air tersebut dibagi-bagikan kepada orang lain maka sumur tersebut tidak akan kering dan tidak akan berkurang pula airnya, namun bila air yang ada di sumur tersebut tidak dibagi-bagikan, maka yang terjadi bukan air yang semakin banyak malah air tersebut tidak akan bertambah. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan rezeki yang sering kita bagi, kita tidak akan merasa rezeki kita berkurang, namun malah terus bertambah seiring dengan kita melakukan sedekah.

  1. Manfaat sedekah bagi kesehatan
BACA JUGA  Yuk Kenali Makanan Yang Baik Untuk Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Seseorang yang bersedekah pasti akan membuat orang lain bahagia, jika sudah begitu, orang yang bersedekah pasti juga akan merasakan kebahagiaan yang dirasakan oleh orang lain. Saat seseorang memberikan sumbangan akan ada peningkatan area otak di mesolimbik, termasuk pada striatum dorsal dan ventral serta area tegmental ventral di otak. Sehingga hal tersebut akan membuat mental dan seseorang merasa lebih dihargai. Seseorang yang berbaik hati serta peduli dengan orang lain akan dapat meningkatkan sinyal otak yang diikuti dengan meluapnya tingkat kebahagiaan. Untuk itu jangan pernah ragu untuk bersedekah terutama kepada orang yang lebih membutuhkan.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari bersedekah, untuk itu marilah kita terus meningkatkan kebaikan terhadap orang lain terutama bersedekah karena ada banyak manfaat yang dapat kita ambil.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close