fbpx
FoodieGaya HidupKesehatanTrik & Tips

Jangan Khawatir! Ini Dia Tips Menjaga Berat Badan Bagi Kamu yang Hobi Makan

Banyak orang memiliki keinginan mendapat berat badan ideal. Namun nyatanya mereka masih memiliki keinginan makan yang sangat sering, dan bahkan akhirnya makan mereka berlebihan. Namun kamu tetap bisa sering makan dan juga memiliki berat badan yang stabil. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan tetap stabil.

  1. Membuat rencana

Dengan membuat rencana seperti membuat daftar tentang camilan yang disukai, rutinitas, olahraga, motivasi, serta ide-ide lainnya, kamu bisa membuatnya menjadi strategi untuk menjaga berat badan. Kamu juga bisa mengkombinasikan makanan sehat dengan makanan yang menjadi favoritmu.

  1. Bergerak

Membiasakan tubuh untuk sering bergerak akan dapat membantumu mengelola berat badan. Menurut penelitian, mengurangi berat badan sebenarnya lebih efektif dengan berolahraga, namun kamu dapat berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya untuk dapat menurunkan 0,15 kg pada setiap minggunya. Alasan mengapa olahraga sangat berpengaruh dalam menjaga berat badan adalah supaya tubuh kita dapat terhindar dari metabolisme yang melambat sehingga kamu juga terhindar dari naiknya berat badan.

  1. Tetap makan
BACA JUGA  5 Hal yang Bisa Kalian Petik dari Pelajaran Cinta Drama The World of the Married

Menurunkan kalori di dalam tubuh bukan berarti tidak makan sesuatu ataupun merasa lapar. Kamu tetap bisa makan sesuai dengan kebiasaanmu, namun jika kamu tergoda pada makanan yang berlemak dan tidak sehat, kamu dapat menggantinya dengan makan yang lebih sehat seperti mengganti es krim batang dengan pisang yang dibekukan, ataupun keripik sayur untuk menggantikan keripik kentang.

  1. Mengganti menu dengan porsi yang sama

Kamu tetap bisa makan seperti biasanya jika kamu mengganti tipe makanan yang kamu makan. Sepertihalnya mencoba 50% porsi piring dengan buah dan sayuran, 25% biji-bijian atau gandum, dan 25% protein. Sebagai informasi, protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

  1. Jangan melewatkan sarapan

Pada penelitian dijelaskan bahwa orang yang melewatkan sarapan sering mengalami peningkatan berat badan. Alasan dibalik hal tersebut adalah mereka merasa lapar pada siang hari, saat mereka menahan lapar hormon leptin akan dikeluarkan sehingga makan atau ngemil yang tidak terkendali bisa saja terjadi.

  1. Jangan menahan makan makanan kesukaan kamu
BACA JUGA  Heboh, Jangan Pasang Gambar ini di Wallpaper Ponsel Kalian.

Meskipun kamu ingin menjaga berat badanmu, kamu masih bisa memakan makanan yang kamu sukai. Namun kamu juga harus menyeimbangkan makanan yang kamu sukai dengan makanan yang sehat, seperti buah, sayur, biji-bijian, dan lainnya. Dalam penelitian ditunjukkan bahwa menyeimbangkan asupan dengan makanan sehat dapat membuatmu merasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

  1. Makan dengan sadar seutuhnya

Kebiasaan banyak orang saat menonton televisi mereka tidak sadar berapa banyak camilan yang telah mereka makan. Dalam hal ini usahakan kamu memakannya dengan kesadaran penuh dengan apa yang kamu makan, karena di setiap gigitan, kamu menelan makanan dan merasakan apa yang dihasilkan oleh makanan tersebut.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat kamu lakukan apabila kamu ingin menjaga berat badan tetap stabil meskipun tidak mengurangi kebiasaan makanmu. Jangan lupa untuk sering melakukan cek pada berat badanmu, bila bingung bagaimana mengetahui berat badan yang ideal, kamu dapat melihat cara menghitung berat badan ideal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close