fbpx
Home / Gaya Hidup / Foodie / Jangan Buang Kulit Buah Ini! Ternyata Banyak Manfaatnya, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Jangan Buang Kulit Buah Ini! Ternyata Banyak Manfaatnya, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Biasanya seseorang dalam memakan buah, kebanyakan akan memakan daging buahnya saja, mereka tidak memakan kulit buah, mereka akan mengupas dan membuangnya karena mereka merasa kulit buah tidak terlalu bermanfaat. Namun sebenarnya beberapa buah memiliki nutrisi yang tidak hanya disimpan pada daging buahnya saja, beberapa buah memiliki kulit yang luar biasa manfaatnya jika dikonsumsi atau digunakan.

Dilansir dari Merdeka.com, berikut sejumlah buah yang memiliki kandungan luar biasa dan menyehatkan yang terkandung pada kulitnya.

  1. Kulit Jeruk

Saat kamu mengkonsumsi kulit jeruk, hal ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan, manfaat lain dari mengkonsumsi kulit buah ini akan dapat memperbaiki kesehatan mulut, mengobati masalah pernapasan, dan mencegah sembelit. Selain itu, kulit jeruk ini juga dapat digunakan sebagai scrubber  dan pemutih alami kulit.

  1. Kulit Pisang

Kamu tidak perlu langsung membuang kulit pisang, karena kulit buah ini ternyata dapat memutihkan gigi, kamu juga dapat menggosok kulit pisang ke tumit yang yang kering atau pecah-pecah untuk membuatnya lebih halus.

  1. Kulit Delima
BACA JUGA  Bau Mulut Saat Berpuasa? Hentikan Dengan Beberapa Kebiasaan Ini

Kulit buah ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh, diantaranya adalah dapat melawan jerawat, mencegah ketombe, memberikan perlindungan terhadap jantung, menguatkan tulang, serta mencegah sakit gigi.

  1. Kulit Semangka
Sumber: Tribunnews.com

Kulit semangka disini yang dimaksud adalah bagian dalam yang berwarna putih dan menempel pada daging buah. Kamu dapat memperoleh manfaat dari mengkonsumsi kulit semangka ini yang kaya dengan nutrisi, hal ini bisa membantumu dalam membersihkan kulit.

  1. Kulit Mentimun

Meskipun berbeda dengan dalamnya, kulit dari mentimun ini merupakan bagian dari mentimun yang kaya antioksidan, nutrisi, serta serat rendah kalori. Selain itu pada kulit mentimun juga terdapat vitamin A dan vitamin K yang berguna untuk menguatkan tulang, mencegah penggumpalan darah, dan mempertajam penglihatan.

  1. Kulit Apel

Berbeda dengan buah lain, buah yang satu ini biasanya oleh orang-orang juga dikonsumsi sekaligus kulitnya. Kandungan yang terdapat pada kulit apel diantaranya adalah flavonoid, yakni zat yang bisa menghancurkan sel kanker serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kulit apel juga kaya akan asam folat yang dapat mengurangi obesitas dan komplikasi kesehatan.

  1. Kulit Lemon
BACA JUGA  Tips Jitu Membuat Cilok HomeMade yang Empuk dan Kenyal

Diketahui bahwa kulit lemon mengandung salvestrol Q40 dan limonene, yakni senyawa yang bisa menghilangkan racun dari dalam tubuh dan mengobati stres. Selain itu, lemon juga dapat membersihkan kulit, menurunkan berat badan, mencegah masalah mulut, dan memperbaiki kesehatan tulang.

Itulah beberapa buah yang kulitnya juga dapat dikonsumsi yang tentu memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh orang yang mengonsumsinya.

About syharil

Check Also

8 Butter Terbaik, Merk & Jenis Butter Terenak | Terbaru 2020

Butter adalah sebuah campuran makanan yang sering digunakan oleh orang pada umumnya untuk dijadikan sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *