fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriUncategorized

Inspiratif, Terlahir Tuli Surya Sahetapy Lulus Cumlaude di New York

Masih ingatkah kalian dengan Surya Sahetapy? Anak dari artis senior Dewi Yull. Surya adalah seorang penyandang disabilitas yang gigih mengejar mimpinya. Berkat hasil kerja kerasnya, Surya lulu dengan gelar CumLaude di Rochester Institute of Technology di New York. Pria 26 tahun itu tidak berhenti belajar meski dirinya terlahir sebagai penyandang disabilitas yakni tuli.

Meskipun dengan kekurangan nya tersebut,  baru-baru ini ia menorehkan prestasi sebagai lulusan terbaik di New York. Lantas seperti apa perjuangan Surya untuk meraihnya hingga respon sang bunda dengan capaiannya tersebut?
1. Lulus Cum Laude

Sumber: Indozone

Surya Sahetapy diketahui menempuh pendidikan di Rochester Institute of Technology di New York sejak tahun 2018 lalu. Universitas tersebut diketahui memiliki program inklusif bagi mahasiswa tuli untuk bisa mengikuti kuliah di kelas umum bersama orang dengar. Pada bulan Desember 2019, Surya berhasil menyelesaikan Associate of Science in Applied Liberal Arts — Immersions: ASL & Deaf Studies dengan gelar Cum Laude. Ia kemudian menjalani wisuda pada Jumat (8/5/2020) lalu.

BACA JUGA  Smart Speaker Karya Anak Bangsa Hadir Dengan Harga Rp 1,5 Jutaan
  1. Dewi Yull sebut berkah Ramadhan

Dewi Yull yang selalu mendukung langkah Surya tentu bahagia dengan capaian sang buah hati. Ia menyebut jika anugerah ini merupakan berkah Ramadhan bagi Surya dan keluarga. Perempuan 59 tahun itu juga berterimakasih atas semua dukungan yang ia dan Surya dapatkan selama ini. Hal tersebut diungkapkan melalui unggahan Instagram @dewiyullofficial, Jumat (8/5/2020).

  1. Kejar gelar S1

Dewi Yull menyebut jika gelar yang didapat Surya kali ini sama dengan D3 di Indonesia. Untuk itu, Surya harus menempuh satu tahun perkuliahan lagi untuk mendapatkan gelar S1.

“Masih perjuangan 1 tahun lagi In shaa Allah untuk menyelesaikan pendidikan S1-nya,” ungkap Dewi Yull di Instagram, Jumat (8/5/2020). “Semua atas ijin Allah, masih awal perjuangan. Mohon doa sahabat semua,” tambahnya.

  1. Mimpi menjadi dosen

Lahir dengan kekurangan dari kecil  tidak menyurutkan semangat Surya Sahetapy untuk mengejar mimpinya. Ia bahkan terus bergerak untuk meraih cita-cita dan prestasi yang tinggi. Hal ini patut menjadi inspirasi bagi kita yang lahir secara utuh dari lahir, bahwa kita bisa keluar dari zona nyaman dan raih mimpi setinggi langit.

BACA JUGA  Gaji Guru Honorer Yang Tak Cukup Untuk Kebutuhan Sehari-hari.

Meskipun dengan keterbatasan, Surya membuktikan bahwa dengan keadaanya, dia mampu dan bisa menginspirasi orang lain.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close