fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanLuar NegeriUncategorized

Inilah Sosok Wanita Cantik yang Menolak dan Membuat 13 Pria Bunuh Diri

Sumber: San-And-Useless

Akhir-akhir ini banyaknya meme viral terkait Putri Persia yang desas desusnya membuat banyak pria bunuh diri, ia mulai melakukan analisisnya untuk menemukan kebenaran.

Analisisnya tentang Putri Perisia tersebut  dituangkan dalam artikel berjudul “Princess Qajar” and the Problem with Junk History Memes, yang dipublikasikan di situs abitofhistoryblog.com.

Faktanya, Raja Nasir al-Din Shah Qajar tidak hanya memiliki banyak istri, tapi juga punya banyak anak. Esmat al-Dowleh atau Esmat al Dwala merupakan salah satu putri Raja Nasir Shah. Esmat lahir pada tahun 1855. Sang ayah mengimpor piano ke Iran dan Esmat el-Dowleh lah yang kemudian menjadi perempuan pertama di Iran yang bisa main piano.

Informasi yang beredar saat ini kontradiktif dengan klaim jika “Esmat adalah simbol kecantikan Persia zaman dahulu di awal tahun 1900. Pasalnya, foto Esmat mengenakan baju tutu tersebut diambil bertahun-tahun sebelum memasuki tahun 1900, dan ia meninggal dunia pada tahun 1905.

Sumber: Esmat-al-Dowleh

Dari hasil pengamatan meme tersebut adalah jika memang ada periode waktu sejarah Persia ketika penampilan seperti Esmat, yaitu dengan kumisnya, dianggap cantik. Wanita Qajar gemar tumbuhkan kumis tipis sebagai tanda kecantikan atau standar kecantikan saat itu.

BACA JUGA  Inilah Bocoran Percakapan Presiden Jokowi dan Donal Trump

Wanita Belgia tersebut menggambarkan kumis Esmat memberi kesan ia sebagai sosok maskulin. Maknanya, Esmat tidak berdiri sebagai simbol kecantikan, jusru ia menjadi sosok yang tunjukkan kekuasaan lebih besar yang bisa dipegang seorang wanita.

13 Pria Bunuh Diri

Diketahui beredar info bahwa 13 pria bunuh diri karena ditolak olehnya, tidak ada sumber apapun yang mencantumkan akan hal tersebut. Justru, ada dua alasan bagus untuk tidak mempercayai klaim ini.

Pertama, Esmat kemungkinan menikah di umur 9 atau 10 tahun.

Kedua, pernikahannya kemungkinan besar dilingkupi oleh suasana perjodohan sementara ia hidup di antara selir ayahnya.

Sepertinya sangat tidak mungkin ia bisa memiliki kesempatan bertemu pria yang bukan sepupunya dan bahkan menolak 13 pria yang sampai membuat mereka bunuh diri.

Atas apa yang beredar di internet mengenai Esmat el Dalweh dan klaim jika ia adalah simbol kecantikan abad ke-20 dengan kumis dan mematahkan hati 13 pria sampai mereka bunuh diri adalah klaim yang tidak benar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close