fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam Negeri

Inilah Penyebab Kalian Gagal Lolos Kartu Pra Kerja Gelombang 1

Sumber : Alone

Telah diumumkan nya hasil Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang I pada Sabtu (18/4/2020). Diketahui lebih dari 50 Persen peserta yang mendaftar dinyatakan tidak lolos karena melakukan beberapa kesalahan sehingga gagal masuk dalam sistem pengacakan Kartu Pra Kerja. Secara resmi pemerintah telah mengumumkan sebanyak 200 ribu orang yang lolos dan mendapatkan Kartu Pra Kerja gelombang I. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah yang dijanjikan sebelumnya yakni sebanyak 164 ribu orang.

Manfaat dari pelaksanaan program kartu pra kerja ini menjadi salah satu dorongan untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi  wabah  virus Corona yang sedang menyerang Indonesia saat ini. Pelaksanaannya pun sesuai dengan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Total bantuan yang akan didapat oleh tiap pemegang kartu prakerja sebesar Rp 3.550.000 untuk biaya pelatihan dan insentif.

Berikut beberapa kesalahan para peserta saat mendaftarkan diri ke Kartu Pra Kerja.

  1. Tidak melakukan tahap verifikasi email
BACA JUGA  Nekad? Indonesia Akan Cetak Uang Besar-Besaran

Tahapan awal ini sangatlah penting saat mendaftar pada bagian awal. Bagi peserta yang gagal di seleksi pengacakan, mereka akan menerima e-mail berisi link untuk mengikuti gelombang kedua.

  1. Tidak melakukan tahap verifikasi Nomor Induk Kependudukan atau NIK. 

Pengecekan pada tahap ini ada di bagian awal saat memulai pendaftara, bahkan peserta juga harus mengikutertakan foto KTP dan selfie bersama KTP.

Diatas merupakan sebab akibat kenapa kalian tidak lolos pendaftaran Kartu Pra Kerja. Namun, tenang saja dibuka kembali pada gelombang selanjutnya. Peserta tidak perlu melakukan pendaftaran dari awal karena nanti akan di beri e-mail untuk link di komputer atau smartphone, untuk klik ke batch 2 dan seterusnya sehingga tidak perlu ulang dari proses awal.

Sebagai tambahan, Menteri Koordinator bidang perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, mereka yang belum lolos gelombang pertama masih memiliki kesempatan di gelombang selanjutnya. Selebihnya, pembukaan pendaftaran Kartu Pra Kerja akan diproyeksikan akan dibuka tiap minggu hingga minggu terakhir bulan November 2020 mendatang.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close