fbpx
Gaya HidupKesehatanTrik & Tips

Inilah Makanan yang Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Ternyata terdapat  makanan dan minuman yang bisa mengganggu kekebalan tubuh kalian lho. Padahal kekebalan tubuh ini merupakan faktor penting untuk kesehatan saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Dirangkum dari beberapa informasi, berikut 5 makanan dan minuman yang bisa mengganggu kekebalan tubuh:

  1. Soda dan minuman ringan

Minuman bersoda, terutama yang berlabel diet atau tanpa gula, ternyat mengandung sejumlah kalori berlebih yang sebenarnya  tidak dibutuhkan oleh tubuh. Minuman-minuman ini juga tidak mengandung serat sehingga sulit mengendalikan porsinya. Tak hanya nol kalori, namun mengonsumsinya berlebihan bisa menyebabkan naiknya berat badan dan obesitas, yang nantinya bisa melemahkan sistem imun kita. Bahkan, penelitian beru- baru ini menunjukkan bahwa kadar gulu dalam soda atau minuman ringan sangatlah tinggi yang mana dapat memicu diabetes kalian. Untuk saat ini, di masa pandemic, lebih baik kita mengkonsumsi air putih saja.

  1. Kopi dan minuman berkafein

Jika kalian hanya minum satu atau dua gelas kopi tidak berbahaya bagi tubuh, tetapi mengonsumsinya secara berlebihan bahkan hampir tiap hari bisa mengganggu kekebalan tubuh. Terlalu banyak kafein bisa melepaskan hormon stres kortisol yang tinggi yang bisa mengganggu respons imun tubuh. Selain kopi, minuman berkafein lainnya seperti teh juga lebih baik tidak dikonsumsi berlebihan.

BACA JUGA  Wajib Tahu! Ternyata Inilah Penyebab Migrain dan Cara Mengatasinya
  1. Makanan manis

Mengkonsumi makanan yang manis apalagi  yang tinggi gula juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem imun. Untuk mengatasi rasa ngidam makanan manis, gantilah dengan mengkonsumsi buah-buahan segar yang memiliki kandungan gula alami dan yang pasti lebih menyehatkan dari pada makanan manis lainnya.

  1. Gorengan

Makanan yang digoreng seperti gorengan pada umunya mungkin terasa enak, namun sebenarnya bisa merusak sistem imun tubuh kita. Hal ini disebabkan karena gorengan mengandung garam yang tinggi yang bisa menyebabkan retensi cairan dan tekanan darah tinggi. Selain itu juga goreangan memiliki kadar lemak yang tinggi, sehingga  bisa menaikkan risiko terkena diabetes.

  1. Alkohol

Jika kaliaan hanya minum segelas alkohol mungkin tak masalah, namun mengonsumsinya berlebihan dapat berdampak besar pada sistem kekebalan tubuh. Dampak mengonsumsi berlebihan ini  bisa membuat tubuh kita bisa terkena pneumonia dan penyakit pernapasan lain.

Nah, itu dia beberapa list makanan yang secara tidak langsung dapat melemahkan kekebalan tubuh kita.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close