Breaking News
Home / Teknologi / Internet / Inilah Kendala Yang Sering di Alami Saat Menggunakan Aplikasi Google Classroom

Inilah Kendala Yang Sering di Alami Saat Menggunakan Aplikasi Google Classroom

Google Classroom adalah salah satu aplikasi yang menunjang dalam proses pembelajaran jarak jauh. Seperti pada saat masa seperti sekarang, yang mengharuskan untuk melakukan pembelajaran secara online, aplikasi Google Classroom yang dimiliki oleh perusahaan Google sangat membantu proses pembelajaran antara guru atau pengajar dengan siswa atau peserta didik. Aplikasi ini efisien digunakan karena tidak memakan waktu yang lama dan pengaplikasianya yang terbilang cukup mudah.

Pada masa seperti ini, yang masih mewabahnya Covid-19 dan mengharuskan untuk mengurangi aktifitas yang menyebabkan kerumunan bagi sebagian kalangan dan sektor mengalami penurunan. Contohnya dalam bidang pendidikan yang semula melakukan kegiatan belajar mengajar secara langsung, kini dipisahkan oleh ruang dan waktu. Pemahaman kepada murid atau siswa juga menjadi sedikit terganggu, karena posisi dari pengajar yang tidak berada langsung bersama siswa saat mengajar. Banyak dari lembaga pendidikan yang membuat upaya dalam proses pembelajaran agar tetap berjalan, sehingga pendidikan tidak mengalami penurunan kualitasnya.

Aplikasi Google Classroom banyak digunakan dan menjadi refrensi untuk para pengajar dalam melakukan sistim pendidikan. Karena mudah dalam pengoperasiannya. Tetapi masih memiliki masalah bagi siswa yang belum mempunyai fasilitas yang memumpuni. Hasilnya proses belajar kurang maksimal. Peran pemerintah juga sangat dibutuhkan bagi seorang pelajar yang tidak atau fasilitasnya belum mendukung untuk melakukan pembelajaran secara Online.

Dalam Google Classroom tidak terlalu rumit untuk mengirim tugas. Cara mengirim tugas di Google Classroom sederhana. Ketika siswa sudah mempunyai fasilitas yang memumpuni, maka dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Berbeda dengan pelajar yang belum mempunyai fasilitas yang memumpuni untuk melakukan pembelajaran yang secara online.

Selain dari fasilitas, sinyal juga menjadi masalah yang serius dalam pengoperasiaan kelas online. Meskipun google classroom bisa diakses secara offline, tetapi jika ada pemberitahuan terbaru maka tidak akan terbaca. Banyak dari siswa yang berada di daerah luar perkotaan atau desa yang akses internetnya masih belum stabil. Masalah tersebut sangat mempengaruhi dalam proses belajar siswa yang dilakukan secara online.

Meskipun memiliki kendala dari pengguna,  Google Classroom aplikasi pembelajaran jarak jauh yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran seperti pada masa saat ini.

About Rizki

Check Also

Pasanganmu Selingkuh? Kamu Dapat Gunakan Beberapa Aplikasi Penyadap WhatsApp Ini

Kadangkala beberapa pasangan khawatir akan perselingkuhan, saking khawatirnya mereka akan berusaha untuk mengetahui apa yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *