fbpx
CORONA UPDATELuar NegeriTeknologi

Inilah Kacamata Pintar Yang Diklaim Dapat Melawan Covid-19

Teknologi merupakan hal yang sangat penting di zaman ini, mereka melakukan yang terbaik untuk memudahkan segala urusan manusia. Di tengah pandemi Covid-19 ini, berbagai pihak sedang berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi yang dirasa berguna untuk saat ini.

Menurut situs TechCrunch, saat ini startup teknologi dari Hangzhou, China, bernama Rokid berhasil mengembangkan inovasi di tengah pandemi yang saat ini sedang melanda, yaitu kaca mata pintar yang dapat memindai suhu tubuh seseorang, hal ini sebagai salah satu cara dalam mendeteksi gejala orang yang terjangkit virus Corona.

Teknologi pintar tersebut bernama Kacamata T1 Thermal, perangkat ini membutuhkan waktu dua pekan untuk berkembang. Wakil Direktur Utama Rokid, Xiang Wenjie, menyebutkan bahwa permintaan terhadap produk pintar mereka meningkat setelah terlebih dahulu sekitar 1.000 kacamata terjual kepada pemerintah, kawasan industri, dan sekolah.

 

Sumber: Selular.ID

 

Kacamata pintar ini dilengkapi dengan sensor inframerah dan kamera 12 MP, yang memungkinkan untuk membaca suhu orang di dalam kerumunan, perangkat ini ditenagai oleh Qualcomm CPU. Xiang Wenjie mengatakan bahwa selain mengukur suhu tubuh, T1 juga dapat menyediakan pemeriksaan suhu portable jauh dan cepat, yang akan membantu petugas melakukan pengawasan.

BACA JUGA  Kabar gembira! Kini Virus Covid-19 tak Lagi Ganas, Dari Harimau Menjadi Kucing

“Terlepas dari alat pengukur suhu tubuh, T1 bisa menyajikan hasil pengecekan suhu secara langsung yang portabel dan dari jarak jauh, dan ini akan menjadi pertolongan yang baik,” ujar Xiang Wenjie.

Proyek kacamata pintar ini didanai dengan pendanaan jutaan dolar yang dipimpin oleh perusahaan investasi negara Singapura, Temasek, juga Bank Credit Suisse asal Swiss, dan lainnya.

Perusahaan ini memiliki kantor di San Fransisco dan sedang dalam kesepakatan untuk menjual produk mereka kepada penegak hukum rumah sakit dan bisnis di AS. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan rintisan, yang dalam waktu normal ini sedang mengembangkan produk augmented reality (AR) untuk penggunaan di pabrik serta gim digital.

Perusahaan ini mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan produk sehingga dapat membaca suhu hingga empat orang sekaligus.

“Dengan lebih banyak produk baru yang keluar, terutama kacamata ini, kami pikir kami dapat menggunakannya untuk melakukan pengukuran suhu tanpa kontak, mereka sangat efisien ketika dihadapkan pada kerumunan besar orang,” jelas Jin Keli, Presiden Greentown Property Management.

BACA JUGA  Ingin Beli Lamborghini Dengan 45 Ribu, Bocah 5 Tahun Nekat Membawa Mobil Sendirian

Kacamata pintar ini diklaim dapat membaca suhu 200 orang sekaligus dalam 2 menit. Sementara untuk jaraknya kurang dari 3 meter.

Namun saat ini produk tersebut diasumsikan oleh anggota parlemen dan regulator AS dapat digunakan untuk memata-matai Amerika atas perintah Cina. Terkait hal ini, Liang Guan, Direktur Rokid AS menjelaskan, “Mengenai modul ini… kami tidak membawa data apapun ke cloud. Bagi pelanggan, privasi sangat penting bagi mereka. Pengukuran data disimpan secara lokal,” ujarnya.

Selain Rokid, sebelumnya ada juga SenseTime yang membuat sistem pengecekan suhu tubuh dengan sistem pengenalan wajah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close