fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Inilah Fakta Jasad ABK WNI yang dilarung di Laut oleh Kapal China.

Inilah Fakta Jasad ABK WNI yang dilarung di Laut oleh Kapal China.

Viral di Korea Selatan atas adanya praktik eksploitasi ABK asal Indonesia di  kapal ikan China. Para ABK hanya digaji Rp 1,7 juta setelah 13 bulan bekerja. Kapal Long Xing inilah yang diduga telah melakukan eksploitasi terhadap 18 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia. Hal ini pun viral di stasiun televisi Korea Selatan, MBC, melaporkan dugaan adanya perbudakan di atas kapal tersebut. Kabar ini mencuat dan menjadi perbincangan hangat setelah unggahan YouTuber Korea Reomit berjudul Berita Trending di Korea yang Bikin Orang Indonesia Ngamuk!. Berikut ini fakta-faktanya:

  1. Viral di Korea

Berita tersebut, bahkan video unggahan MBC tersebut kini menjadi trending di YouTube. Para ABK ekslusif Kerja 1 Hari 18 Jam dan jika meninggal akibat suatu penyakit dibuang ke pantai begitu saja.

Selain itu, stasiun televisi MBC mengunggah video ekslusif saat jasad ABK dilarung ke laut. Diketahui, MBC berhasil mendapatkan video tersebut setelah kapal Long Xing sempat berlabuh di Busan. Para ABK kemudian berusaha untuk menyampaikan informasi ke pemerintah Korea dan stasiun televisi MBC. Awalnya, pemerintah tak bisa mempercayai video kiriman tersebut.

BACA JUGA  Harga Minyak Dunia Jatuh, Justru Berdampak Positive Bagi RI
Sumber: Tribun

Sebelum akhirnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, kapal tersebut telah kembali berlayar. Dalam pemberitaan MBC, sosok jasad dalam karung yang hendak dilarung adalah Ari (20). Dikabarkan bahwa Ari telah bekerja lebih dari 1 tahun.

Selain ABK ari,  ada dua ABK lain yang juga meninggal dunia. Mereka kemudian dilarung ke laut di hari yang sama dengan kematiannya.

  1. Ada surat perjanjian

Dalam vlog nya, Hansol juga menjelaskan bahwa para ABK sebelumnya telah membuat surat pernyataan. “Dengan ini saya menyatakan setelah berangkat ke luar negeri sebagai ABK (nelayan), segala risiko akan saya tanggung sendiri bila sampai terjadi musibah sampai meninggal maka jenazah saya akan dikremasikan di tempat dimana kapal menyandar, dengan catatan abu jenazah akan dipulangkan ke Indonesia. Untuk itu akan diasuransikan terlebih dahulu sebelum berangkat ke luar negeri dengan uang tanggungan sebesar 10 ribu US Dolar atau setara Rp 150 juta” ujarnya.

Dalam video tersebut, seorang ABK juga membuat pengakuan bahwa tempat kerja mereka cukup buruk. Diduga juga adanya praktik ekspoloitasi. ABK yang meninggal   tersebut ternyata telah menderita sakit selama satu bulan. Korban awalnya mengalami keram kaki hingga seluruh tubuhnya bengkak lalu meninggal dunia.
3. Digaji Rp 1,7 juta setelah 13 bulan kerja

BACA JUGA  Wow, NASA Temukan Planet Layak Huni Seperti Bumi

Dalam pemberitaan MBC disebutkan bahwa 5 dari ABK hanya digaji Rp 1,7 juta setelah bekerja selama 13 bulan. Seorang ABK mengatakan bahwa mereka hanya mendapat gaji sebesar 140.000 won setelah bekerja 13 bulan. Sampai sekarang berita ABK yang dilarung di laut tersbeut telah viral di Korea hingga Indonesia. Perlu adanya keterangan lebih lanjut apakah termasuk eksploitasi atau bukan.

 

About dewi

Check Also

8 Pensil Warna Terbaik untuk Anak & Profesional, Rekomendasi Terbaru 2020

Mewarnai adalah sebuah kegiatan yang sangat disukai oleh anak anak. Selain itu, ternyata mewarnai juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *