Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Inilah Dampak Psikologis Saat Melihat Bumi dari Luar Angkasa

Inilah Dampak Psikologis Saat Melihat Bumi dari Luar Angkasa

Baru- baru ini Astronot NASA Bob Behnken eiketahui meluncurkan SpaceX ke orbit pada misi kru pertama pada perusahaan roket. Menurut wawancara singkat tersebut, Bob menjelaskan bahwa para setelah mengalami misi tersebut, para astronot memiki salah satu dampak psikologi yang disebut Overview effect.

Menurut para psikolog menuturkan bahwa dampaknya bukan hanya masalah ketakutan, trauma ataupun masalah penasaran,namun mungkin lebih ke menjaga kesehatan mental pada misi ruang angkasa berdurasi panjang.

Diketahui Bob Behnken dan Doug Hurley, astronot asal NASA telah meluncur ke stasiun ruang angkasa internasional (ISS) pada Sabtu (30/5) dengan bantuan roket Falcon 9 milik SpaceX. Hal ini merupakan penerbangan manusia pertama dan penerbangan orbital pertama dari negara AS. Pasalnya NASA memang menghentikan program pengiriman astronot ke orbit pada bulan Juli 2011. Setelah peluncuran pertamanya, Behnken dan Hurley melayang ke luar dari posisi duduk, melepaskan pakaian antariksa dan juga melihat keluar untuk mengintip pesawat ruang angkasa Crew Dragon.

Dampak bagi astronot yang melakukan perjalanan ini hanyal Overview effect saja, secara harfiah ini adalah pergeseran kognitif terhadap kesadaran manusia yang dialami oleh sejumlah astronaut dan kosmonaut pada penerbangan luar angkasa, biasanya ketika melihat Bumi dari orbit atau permukaan Bulan. Efek ini muncul ketika astronaut melihat secara langsung bentuk Bumi di luar angkasa. ( Dikutip dari Wikipedia). Hal ini dicetuskan oleh penulis eksplorasi ruang angkasa, Frank White yang menegaskan sebagai “overview effect” pada tahun 1987. Dalam wawancara nya dari Stasiun Luar Angkasa Internasional,  Behnken dan Hurley berkomentar tentang dampak tersebut yakni hal ini terjadi bagi para astronot saat telah sampai pada penerbangan pertama dan kembali melihat bagaimana keadaan bumi saat mendarat di tanah.

“Anda melihat bahwa itu adalah satu planet dengan atmosfer bersama. Ini adalah tempat kita bersama di alam semesta ini. Jadi saya pikir perspektif itu, ketika kita melalui hal-hal seperti pandemi atau kita melihat tantangan di seluruh negara kita atau di seluruh dunia, kita mengenali bahwa kita semua menghadapi mereka bersama,” ujarnya dalam wawancara.

About dewi

Check Also

VIRAL, Terekam CCTV Seorang Jambret Tertangkap, Dihaj*r Habis2an dalam Mini Bus

Rekaman CCTV terkadang menangkap sebuah kejadian yang tidak terduga. Salah satunya adalah yang sedang viral …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *