fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriTrik & TipsViral

Inilah Cara Membedakan Emas Asli Atau Palsu

Emas merupakan salah satu aset yang paling berharga bagi sebagian orang.  Bagi sebagian kalangan, emas juga digunakan sebagai patokan dalam berpenampilan. Karena sifat emas yang sangat berharga dan bernilai tinggi, maka banyak orang yang menggunakan emas sebagai hadiah atau sebagai mahar pernikahan. Investasi emas pun sekarang juga sedang viral dilakukan oleh bebrapa kalangan masyarakat. Tetapi ada juga yang masih ragu dan beranggapan tentang keaslian emas mereka.

Banyak masyarakat umum atau awam juga yang masih bingung antara membedakan emas asli dan emas yang palsu. Mereka merasa khawatir emas yang mereka investasikan atau emas yang dimiliki untuk keasliaanya. Emas antam juga bisa dibedakan keaslianya atau paslsu dengan berbagai cara.  Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan antara emas asli atau palsu. Sehingga kamu bisa membedakan antara emas asli dan emas palsu. Dengan begitu kamu bisa percaya diri dengan emas yang kamu miliki dengan keaslianya. Untuk membedakan keaslianya, antara susah dan gampang, karena hamper mirip dengan keasliannya. Apalagi bagi seorang yang masih belum mengetahui secara detail cara membedakan keaslian emas.

BACA JUGA  Banyaknya Pembawa Virus OTG, 24 Perawat Tertular Covid-19

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membedalan antara emas asli dan emas palsu yang bisa kamu lakukan sebelum membeli emas atau berinvestasi emas.

  1. Bentuk Emas

Cara yang bisa kamu lakukan yang pertama adalah dengan melihat bentyk dari emas tersebut. Terdapat pada tanda tanda khusus pada emas murni dan emas batangan adalah tanda kadar emas yang umumnya menggunakan satuan fineness tetapi ada juga yang menggunakan satuan karat.

  1. DiGosok

Bagian cara yang kedua adalah dengan cara digosok. Perhatikan permukaan emas dan gosok secara perlahan menggunakan telapak tangan atau jari telunjuk. Jika setelah digosok emas menandakan berubah warna menjadi memudar, emas tersebut bisa dikatakan emas palsu.

  1. Mendekatkan Emas Dengan magnet

Emas adalah logam yang bersifat non magnetis, sehingga apabila emas di dekatkan pada magnet, maka tidak akan terjadi tarik menarik. Tetapi masih ada juga bahan non magnetic yang bisa di ubah menjadi emas. Jadi tetap berhati hati dalam membeli emas.

  1. Menggosokan ke keramik
BACA JUGA  Ramadhan Ini, Tokopedia Beri Akses Gratis Tanpa Kuota Kepada Para Pengguna

Jika emas digosokan ke keramik dan tidak meninggalkan bekas, maka bisa di katakana emas tersebut adalah emas asli. Tetapi perlu dilihat kembali dan diperiksakan kepada toko ahli emas yang benar benar mengatahui keaslian emas.

 

Itu adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan antara emas asli dan palsu. Juga bisa digunakan pada emas antam yang saatini harga emas antam terbaru tembus pada angka 1 juta per gramnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close