fbpx
KesehatanTrik & Tips

Inilah Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Tangan, Kamu Salah Satunya?

Mencuci tangan sangatlah penting untuk dilakukan, selain akan membuat tangan menjadi bersih, hal itu pastinya juga akan membuatmu hidup menjadi lebih sehat. Apalagi di saat ini dengan adanya virus Corona, membuat kita harus tetap menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Semua orang dapat melakukan praktek cuti tangan secara efektif untuk menghindari tersebarnya penyakit, namun ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan dan malah ada yang sudah menjadi kebiasaan.

Untuk penjelasannya, mari kita simak berikut ini.

  1. Tidak rutin mencuci tangan

Setiap hari kita melakukan berbagai hal yang tentunya berkaitan dengan tangan. Dengan menyentuh berbagai benda, kemudian setelah itu menyentuh mata, hidung, atau mulut akan membuat virusĀ  cepat menyebar.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk rutin mencuci tangan supaya menghindari tersebarnya virus melalui tangan. Sebaiknya cucilah tangan setelah keluar rumah, setelah batuk atau bersin, sebelum menyentuh wajah, sebelum dan setelah makan, dan berbagai hal lainnya.

  1. Tidak cukup sabun

Untuk mencuci tangan secara bersih, kita tidak hanya membersihkan dengan air, namun juga harus membersihkannya dengan sabun supaya tangan benar-benar terhindar dari bakteri dan virus. Cucilah tangan menggunakan sabun yang cukup untuk membersihkan keseluruhan tangan.

BACA JUGA  Simak Beberapa Resiko Terlalu Sering Minum Kopi
  1. Mencuci tangan tidak menyeluruh

Kadangkala karena kita tidak betah dengan seringnya terkena air, kita akan terburu-buru untuk mencuci tangan, padahal mencuci tangan yang baik dilakukan selama 20 detik. Selain itu jika mencuci tangan terburu-buru, maka bagian-bagian tangan seperti seperti kuku, bagian dalam jari, bagian belakang tangan, tidak bisa terjangkau. Cucilah tangan secara menyeluruh dan jangan sampai ada bagian tangan yang tidak tercuci bersih.

  1. Tidak membilas hingga bersih

Untuk memastikan bahwa tangan telah bebas dari kuman, bakteri, maupun virus, maka anda harus membilas dengan bersih tanpa meninggalkan sedikitpun sabun atau kotoran yang tersisa. Setelah mencuci tangan dengan sabun, bilaslah dengan air mengalir hingga kamu yakin telah membilasnya sampai bersih.

  1. Tidak mengeringkan tangan

Perlu diketahui bahwa kuman, bakteri, dan virus akan mudah berpindah pada tangan yang basah. Oleh karena itu, sebaiknya keringkan tanganmu setelah mencucinya dengan air.

Itulah beberapa kesalahan yang mungkin saja terjadi saat melakukan praktik cuci tangan. Sebaiknya cucilah tanganmu dengan benar, untuk mengurangi resiko terkena bakteri, kuman, maupun virus yang menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close