fbpx
Dalam NegeriTrik & TipsUncategorized

Inilah Beberapa Amalan Sunnah Di Hari Raya Pertama Idul Fitri Yang Perlu Kamu Tahu

Setelah 30 hari mengarungi bulan suci Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia menyambut momen kemenangan mereka di hari raya Idul Fitri yang sangat ditunggu-tunggu. Dengan adanya hari kemenangan bagi umat Islam tersebut, pastinya ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk menambah pahala kita di hari kemenangan ini.

Untuk itu, mari kita simak beberapa amalan sunnah yang dapat kita lakukan disaat hari kemenangan tersebut.

  1. Mengumandangkan takbir

Saat puasa terakhir di bulanĀ  Ramadhan telah usai, kumandang takbir akan langsung menggema di berbagai penjuru dunia saat masuknya waktu maghrib, tidak hanya dimulai dari waktu maghrib, namun kumandang takbir tersebut terus berseru sampai shalat Idul Fitri tiba. Kita bahkan juga disunahkan untuk terus mengumandangkan takbir, bahkan saat kita sedang berjalan ke tempat salat Idul Fitri dilaksanakan.

  1. Mandi dan menggunakan wewangian

“Dari Nafi’, (ia berkata) ‘Abdullah bin ‘Umar biasa mandi di hari Idul Fitri sebelum ia berangkat pagi-pagi ke tanah lapang.” (HR. Malik).

BACA JUGA  Tips Membuat Talua Barendo, Cocok Untuk Buka Puasa

Dalam hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa mandi sebelum shalat Idul Fitri dilaksanakan merupakan amalan yang sunah untuk dikerjakan umat muslim. Untuk para laki-laki, juga disunahkan memakai minyak wangi dan bersiwak. Sedangkan untuk perempuan tidak dianjurkan untuk berhias sepertihalnya para lelaki.

  1. Makan sebelum melaksanakan shalat

Hal ini juga merupakan amalan sunah yang diterapkan oleh Nabi. Dalam hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu ia berkata.

“Rasulullah SAW tidaklah keluar pada hari Idul Fitri (ke tempat shalat) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu. Beliau memakannya dengan jumlah yang ganjil.” (HR. Bukhari)

  1. Menyegerakan pergi untuk salat Idul Fitri

Menyegerakan untuk melakukan kebaikan adalah sesuatu yang dianjurkan oleh Nabi, begitu juga saat akan melaksanakan salat Idul Fitri. Karena bila kita bisa berangkat lebih awal, kita akan mendapatkan kesempatan bertakbir lebih banyak, selain itu kita juga akan mendapatkan shaf di depan yang lebih banyak pahalanya dari pada di belakang.

  1. Berjalan kaki menuju tempat salat
BACA JUGA  ASTAGA, Cewek Indonesia ini Punya Nama 17 Kata di KTP, Bisa Hafalkah Anda??

Amalan selanjutnya yang juga dilakukan oleh Nabi adalah dengan berjalan kaki menuju tempat dilaksanakannya shalat Idul Fitri, saat berangkat pun beliau menempuh jalan yang lebih jauh daripada pulangnya.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra ia berkata: “Rasulullah SAW biasa keluar menuju sholat Ied dengan berjalan kaki dan pulang dengan berjalan kaki.” (HR. Ibnu Majah)

  1. Saling mengucapkan selamat

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari Ied, satu sama lain saling mengucapkan, “Taqabalallahu minna wa minka (semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. (Fath Al-Barri, 2:446)

Selain mengucapkan selamat, tradisi yang ada di Indonesia adalah dengan memaafkan satu sama lain antar umat muslim di hari raya ini.

  1. Mengambil jalan yang berbeda ketika pulang dari shalat Idul Fitri

Rasulullah Ketika pulang dari shalat Idul Fitri mengambil jalan yang berbeda antara pergi ke masjid dan pulang dari masjid, amalan ini dimaksudkan untuk membagi kebahagiaan kepada orang lain ketika di jalan dengan senyum dan salam.

BACA JUGA  Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

“Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulang).” (HR. Bukhari)

Itulah tadi beberapa amalan-amalan sunnah yang dapat kita lakukan di saat hari pertama di bulan Syawal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close