fbpx
Dalam NegeriUncategorizedUnik & Lucu

Inilah 5 Tradisi Unik di Beberapa Daerah Saat Menyambut Datangnya Hari Raya Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri merupakan momen istimewa bagi seluruh umat muslim yang ada di penjuru dunia. Seluruh umat muslim merayakan hari kemenangan ini dengan berbagai tradisi masing-masing daerah mereka.

Namun, kondisi saat ini yang tidak memungkinkan karena adanya wabah Covid-19 yang melanda, mungkin tradisi-tradisi tersebut tidak bisa berjalan sepertihalnya tahun-tahun sebelumnya.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada beragam cara unik yang dapat kita temukan di beberapa daerah, tentunya hal ini dilakukan sebagai ungkapan syukur untuk merayakan datangnya hari raya Idul Fitri.

Untuk mengetahui beragam perayaan unik tersebut, mari kita simak penjelasan berikut yang dilansir dari IndozoneID.

  1. Ronjok Sayak, Bengkulu
Sumber: ShopBack

Tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Bengkulu ini dilakukan pada saat menjelang malam takbiran, yaitu dengan membakar batok kelapa kering yang disusun tinggi seperti gunung di depan rumah masing-masing. Perayaan ini juga dikenal dengan bakar gunung api, sebagai tradisi untuk menyambut hari raya Idul Fitri yang ternyata sudah dilakukan selama ratusan tahun oleh suku Serawai.

  1. Festival Meriam Karbit, Pontianak
BACA JUGA  Menjadi Ciri Khas Lebaran, Ternyata Inilah Makna Mendalam Empat Sudut Ketupat Lebaran
Sumber: kalstar aviation pontianak

Saat akan menjelang malam takbiran, penduduk Pontianak melaksanakan tradisi ini untuk menyambut hari raya Idul Fitri yang dilaksanakan di pinggir sungai Kapuas. Diketahui bahwa meriam karbit ini adalah meriam yang terbuat dari sebatang yang terbuat dari sebatang kayu bulat berukuran besar. Dan ternyata festival meriam karbit ini merupakan tradisi yang sudah dilakukan selama 200 tahun lebih oleh penduduk Pontianak.

  1. Grebeg Syawal, Yogyakarta
Sumber: Good News from Indonesia

Tradisi yang biasanya digelar oleh Keraton Yogyakarta sebagai wujud syukur dalam menyambut hari raya ini merupakan tradisi dimana beraneka ragam hasil bumi disusun hasil bumi disusun ragam hasil bumi disusun hasil bumi disusun menjadi berbentuk kerucut rapi berukuran besar, yang dilaksanakan mulai dari Pagelaran Keraton menuju Kompleks Masjid Masjid Gedhe Kauman. Setelah didoakan, warga yang hadir akan berebut mengambil hasil bumi yang telah disusun rapi tersebut.

  1. Meugang, Aceh
Sumber: aceHTrand.com

Tradisi rakyat Aceh ini tidak hanya digelar saat hari raya Idul Fitri tiba, namun perayaan ini ternyata juga digelar saat Idul Adha tiba. Perayaan Meugang adalah tradisi memasak daging sapi atau kerbau, yang akan dinikmati bersama keluarga, kerabat, dan juga yatim piatu. Tradisi ini konon sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

  1. Batobo, Riau
BACA JUGA  Risiko Terlalu Besar, Presiden Jokowi Memutuskan Untuk Menunda Masuknya Sekolah
Sumber: INDOZONE

Tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Riau ini dilakukan untuk menyambut para perantau yang mudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman. Para pemudik tersebut akan diarak melalui pematang sawah, dan diiringi pukulan rebana menuju tempat berbuka puasa mereka. Selain itu, tradisi ini juga akan dimeriahkan dengan pengajian serta lomba baca Al-Quran. Sayangnya dengan kondisi saat ini dengan pemerintah yang tidak memperbolehkan mudik, tentu akan membuat tradisi ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Itulah beberapa tradisi-tradisi unik dalam menyambut hari raya Idul Fitri di berbagai daerah di Indonesia. Selain tradisi-tradisi yang ada di atas, apakah daerahmu juga memiliki tradisi yang unik?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close