fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / Ini Dia Perbedaan UTBK 2019 dengan UTBK 2020, Simak Penjelasannya!

Ini Dia Perbedaan UTBK 2019 dengan UTBK 2020, Simak Penjelasannya!

Adanya pandemi Covid-19 sampai saat ini membuat banyak kegiatan menjadi tidak berjalan seperti biasanya. Hal ini tentu juga berdampak pada UTBK tahun 2020. Bagaimana tidak? Kondisi saat ini mengakibatkan terjadinya beberapa perubahan yang telah dikeluarkan dengan adanya beberapa kebijakan baru terkait dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hal itu mempengaruhi jadwal maupun pelaksanaan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Namun meskipun adanya beberapa perubahan, kebijakan tersebut tentu telah dipertimbangkan terkait dengan adanya beberapa aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta protokol kesehatan dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang dikeluarkan oleh pemerintah. Hal ini membuat adanya perbedaan antara UTBK 2019 dengan UTBK 2020.

Untuk itu, mari kita simak beberapa perbedaan yang ada pada UTBK 2019 dengan UTBK 2020 berikut ini.

Pertama, jumlah mata ujian dikurangi sehingga hanya tes potensi skolastik (TPS). Hal ini dilakukan supaya durasi ujian tidak terlalu panjang, diketahui bahwa ujian TPS hanya memerlukan waktu 105 menit.

Kedua, apabila sebelumnya ujian digelar 4 sesi, maka kali ini hanya digelar dengan 2 sesi saja, yakni pukul 09.00-11.15 dan 14.00-16.15. Waktu tersebut dipilih supaya para peserta dapat mempersiapkan diri lebih baik, serta mencegah adanya pertemuan antara peserta sesi pertama dengan yang kedua. Sementara itu ujian juga digelar dalam dua gelombang, untuk gelombang pertama yakni pada tanggal 5-14 Juli 2020 dan gelombang 2 dilaksanakan pada 20-29 Juli 2020. LTMPT juga menyiapkan gelombang cadangan untuk menanggulangi tes yang harus tertunda yakni pada 29 Juli-2 Agustus 2020.

BACA JUGA  Ngabuburit Hanya di Rumah? Yuk Cobain Serunya Ngabuburit Digital

Ketiga, LTMPT memberi kemudahan kepada peserta yakni dengan memberikan ruang bagi pusat UTBK untuk bekerjasama dengan SMA atau SMK di daerah masing-masing untuk menyediakan tempat ujian tambahan. Kebijakan tersebut dilakukan karena banyak pusat UTBK yang berada di kawasan zona merah dan mengantisipasi perpindahan peserta dari satu wilayah ke wilayah yang lainnya.

Keempat, LTMPTN pada tahun ini melaksanaan UTBK dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik bagi peserta maupun penyelenggara.

Kelima, untuk alur pendaftaran SBMPTN pada tahun ini yakni mendaftar utbk > mendaftar SBMPTN > melakukan konfirmasi serta simpan permanen data > mengunduh kartu peserta utbk SBMPTN > melaksanakan ujian > pengumuman kelulusan.

Keenam, untuk biaya pendaftaran pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, bila pada tahun sebelumnya SBMPTN biaya pendaftaran seharga Rp 200.000/orang, untuk sekarang biaya pendaftaran seharga Rp150.000/orang.

Itulah tadi beberapa perbedaan yang ada pada UTBK tahun lalu dengan tahun sekarang. Untuk kalian yang ingin mengecek pengumuman hasil SBMPTN 2020, dapat klik link www.pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

About syharil

Check Also

Tidak diketahui oleh banyak pelanggan Tri, Ternyata ini Fungsi dari poin bonstri (part 2)

Bonstri adalah sebuah even yang diluncurkan oleh perusahaan kartu orabayar Tri. Mereka membuat even ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *