fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam Negeri

Ini Dia Penyebab Cuaca Panas pada Beberapa Hari Terakhir, Penjelasan & Tips dari BMKG

Apakah anda juga merasakan beberapa hari terakhir ini cuaca diluar sangatlah panas? Beberapa wilayah mengalami hal ini. Dan membuat setiap anda yang berada di luar merasa sangat gerah dan tidak betah dengan suhu udaranya yang sangat panas.  Terkait hal tersebut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) turut memberikan penjelasannya mengenai fenomena alam yang terjadi saat ini. Selain itu BMKG juga memberikan beberapa tips supaya bisa mengatasi suhu panas ini.

Berdasarkan penjelasan dari Herizal selaku Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan suasana gerah secara meteorologis disebabkan suhu udara yang panas disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Adanya Kelembapan udara yang tinggi menandakan  bahwa jumlah uap air yang terkandung pada udara. Semakin banyak uap air yang dikandung dalam udara, maka akan semakin lembap udara tersebut.

Menurut catatan dari BMKG bahwa suhu udara tinggi terjadi pada siang hari atau tengah hari. Dan untuk suhunya sendiri di lima hari terakhir ini mencatatkan kisaran 34-36°C. Beberapa kali suhu udara lebih dari 36°C tercatat terjadi di Sentani, Papua. Di Jabodetabek, pantauan suhu maksimum tertinggi terjadi di Soekarno/Hatta 35°C, Kemayoran 35°C, Tanjung Priok 34,8°C, dan Ciputat 34,7°C.

BACA JUGA  Dahulu Dianggap Sihir, Nyatanya Fenomena ini Dapat di Jelaskan Oleh Sains

Untuk beberapa wilayah perkotaan cenderung memiliki suhu udara lebih tinggi dibandingan yang lainnya. Saat ini catatan kelembapan udara menunjukkan sebagian besar wilayah Indonesia berada pada kisaran lebih dari 80%-100%, yang termasuk berkelembapan tinggi.

“Udara panas gerah juga lebih terasa bila hari menjelang hujan, karena udara lembap melepas panas laten dan panas sensibel yang menambah panasnya udara, akibat pemanasan permukaan oleh radiasi Matahari,” Tambahnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/5).

Atas kejadian ini, masyarakat dihimbau untuk tidak panik dan tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Pihak BMKG menganjurkan untuk setiap masyarakat harus bisa mengkonsumsi banyak air, memakan buah, dan juga menggunakan tabir surya ketika sedang berpergian.

Selain itu juga disarankan untuk terus mengikuti perkembangan dari informasi yang diberikan oleh BMKG. Karena dalam situs BMKG ini anda akan mendapatkan informasi prediksi cuaca dan iklim, indeks kualitas udara dan kadar sinar ultraviolet matahari.

Dengan melihat cuaca seperti ini dan tetap menjalankan arahan pemerintah mengenai peraturan PSBB. Lebih baik untuk tetap diam dirumah saja selama tidak ada keperluan yang mendesak dan mengharuskan kita untuk berpergian.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close