fbpx
InternetTeknologiTrik & Tips

Ini Dia Langkah-Langkah Membuat Kelas Daring di Google Classroom, Simak Penjelasannya!

Dimasa pandemi saat ini, banyak kegiatan pembelajaran dilakukan secara online, tidak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran, berbagai aplikasi seperti Google Classroom, Zoom, WhatsApp dan masih banyak lainnya, menjadi pilihan untuk berlangsungnya kegiatan pembelajaran.

Dengan Google Classroom, pembelajaran dapat dilakukan layaknya dalam satu kelas, disini tersedia sistem untuk administrasi dan penilaian bagi siswa, tidak lupa fitur sebagai penyimpanan lembar kerja siswa. Dengan aplikasi ini pula guru memiliki kendali penuh atas siswa yang diajarnya.

Untuk mengetahui langkah-langkah membuat kelas daring pada Google Classroom, dilansir dari Google, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

  1. Siapa saja yang memiliki akun Gmail dapat membuat Google classroom. Namun bila kamu menggunakan aplikasi ini pada pengaturan sekolah, kamu harus menggunakan akun G Suite for Education. Hal ini akan membuat pihak sekolah dapat memilih layanan Google yang diinginkan untuk para siswanya. Selain itu, tindakan ini akan meningkatkan perlindungan privasi serta keamanan dalam pengaturan sekolah.
  2. Untuk membuat kelas silakan pergi ke class.google.com untuk mulai membuatnya dan kamu bisa segera mengaktifkan kelas.
  3. Setelah selesai dibuat, kamu dapat mengundang siswa ke kelas dengan menggunakan undangan email ataupun kode yang telah dibuat di Google Classroom.
  4. Kamu dapat mengatur sistem penilaian dan kategori nilai. Terdapat pilihan sistem penilaian “Total Poin” atau “Tertimbang Berdasarkan Kategori,” setelah memilih, nilai akan dihitung untuk kamu. Sedangkan bila kamu memilih untuk tidak menggunakan sistem penilaian, maka kamu dapat memilih “Tidak Ada Nilai Keseluruhan” dan nilai otomatis tidak akan dihitung.
  5. Dalam pembuatan tugas, kamu dapat mengaturnya berdasarkan dengan topik. Kamu dapat mengunggahnya ke beberapa kelas ataupun kepada perorangan. Kamu juga dapat memberikan umpan balik dari tugas yang kamu berikan. Selain itu kamu juga dapat menambahkan pertanyaan pada halaman pekerjaan sebagai cara yang efisien untuk melihat kehadiran siswa khususnya saat kelas virtual.
  6. Membuat kuis, mengimpor nilai kuis yang masuk, dan mengembalikan nilai kepada siswa.
  7. Untuk menambah perasaan koneksi dan komunitas antara guru dan siswa, kamu dapat menggunakan konferensi video dengan menggunakan Google Meet langsung dari Classroom. Selain itu kamu juga dapat mengatur jam kantor digital.
  8. Untuk siswa yang bermasalah dengan bandwidth internet yang rendah atau yang tidak memiliki wi-fi di rumah, kamu dapat mencari tahu terlebih dahulu.
  9. Untuk siswa yang memiliki kebutuhan khusus tunanetra, mereka dapat memilih pembaca layar dengan kelas, dengan ini maka guru akan dapat belajar lebih banyak. Selain itu masih ada banyak fitur aksesibilitas yang dapat digunakan ke dalam alat G Suite untuk pendidikan yang seluruhnya dapat digunakan pada Google Classroom.
  10. Kamu bisa mendapatkan dukungan dengan menjangkau komunitas guru untuk meningkatkan pembelajaran yang lebih baik.
BACA JUGA  Viral, Tertangkap Kamera Google Maps Hitung Waktu Tempuh Perjalanan Dengan Jalan Kaki

Itulah tadi beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat kelas online di platform Google Classroom. Untuk kamu yang ingin lebih mengetahui platform ini, kamu dapat melihatnya lebih lanjut di classroom.google.com.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close