fbpx
Home / Gaya Hidup / Ini Dia Fakta Unik dan Menarik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Emas, Cek Sekarang!

Ini Dia Fakta Unik dan Menarik yang Belum Kamu Ketahui Tentang Emas, Cek Sekarang!

Emas merupakan salah satu dari banyak logam yang sering dipakai untuk perhiasan selain kristal, berlian, dan yang lainnya. Logam mulia yang memiliki warna dasar kuning ini ternyata memiliki fakta yang unik dan menarik, untuk itu, dilansir dari pidjar.com, mari kita simak apa saja fakta unik dan menarik yang dimiliki oleh emas.

  1. Nama kimia Aurum pada Emas berarti sinar matahari

Au sebagai nama kimia emas pada tabel periodik memiliki akar bahasa latin yang berarti shining dawn atau glow of sunrise, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti pancaran sinar matahari. Nama tersebut diambil karena logam mulia ini memiliki warna yang indah seperti lingkaran yang mengelilingi matahari.

  1. Emas adalah logam yang lentur

Mungkin bila dilihat emas terlihat seperti logam yang sangat solid, namun sebenarnya perhiasan ini merupakan logam yang sangat lentur, lunak, dan mudah ditempa. Dalam sebuah penelitian bahkan dikatakan bahwa emas 28 gram dapat direntangkan hingga jarak 8 km. Bahkan saking lenturnya emas dapat digunakan sebagai benang sulam untuk pembuatan kain.

  1. Alasan disebut logam mulia
BACA JUGA  PSBB Berdampak, Daihatsu Berstatus Stop Produksi

Emas disebut sebagai logam mulia dikarenakan karakternya yang tidak reaktif serta tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Selain itu emas juga tidak mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan, emas juga sukar bereaksi dengan asam. Alasan inilah yang membuat emas disebut sebagai logam mulia, bahkan harga emas cukup tinggi dibandingkan dengan logam lain.

  1. Emas sudah ada sejak 4.000 tahun sebelum masehi

Emas yang merupakan logam mulia yang sering kita temui ternyata sudah ditemukan bahkan sekitar 4.000 tahun sebelum masehi. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya jasad atau fosil manusia zaman dahulu yang ternyata sudah menggunakan emas di lehernya.

  1. Satuan karat dalam pengukuran kadar emas

Tidak semua perhiasan emas memiliki susunan emas murni. Emas murni adalah yang memiliki kadar 24 karat. Apabila semakin banyak campuran yang ditambahkan saat proses penempaan emas, maka kadar dalam logam mulia ini akan semakin menurun.

  1. Emas dipakai untuk kosmetik dan kesehatan

Emas yang kita ketahui ternyata tidak hanya dipakai sebagai perhiasan ataupun alat berinvestasi. Isotop radioaktif Au-198 yang ada pada emas ternyata dapat digunakan untuk menghancurkan sel kanker dalam tubuh, selain itu emas juga banyak digunakan sebagai pembuatan kosmetik.

BACA JUGA  Mengenal Lebih Dalam Kolesterol Dalam Tubuh: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati (Wajib Tahu)

Itulah tadi beberapa fakta unik dan menarik tentang emas yang harga emas hari ini dikejutkan karena telah mencatatkan rekor.

About syharil

Check Also

8 Biskuit Untuk Diet Terbaik, Aman & Murah, Rekomendasi Terbaru 2020

Biskuit adalah salah satu camilan yang sering dikonsumsi oleh banyak halangan masyarakat  terutama bagi mereka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *