fbpx
InternetTeknologiTrik & Tips

Ini Dia Cara Mudah Mengamankan Akun Facebook Anda dari Hacker

Sampai saat ini diketahui bahwa Facebook menjadi media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Oleh sebab itu, Facebook sering menjadi incaran para oknum yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mencari keuntungan secara ilegal dari banyaknya akun yang ada di Facebook.

Beberapa orang mungkin pernah mengalaminya atau anda sendiri mungkin juga pernah mengalaminya. Biasanya akun Facebook yang diretas oleh seseorang memiliki tanda-tanda bahwa akun tersebut akan menampilkan unggahan yang tidak pernah anda lakukan, lebih parahnya, para peretas bisa saja berpura-pura menjadi anda dan melakukan penipuan kepada teman-teman anda atau keluarga anda.

Lantas dengan adanya hal tersebut bagaimana cara kita untuk dapat melindungi Facebook dari serangan hacker? Pasti ada cara yang mudah yang bisa dilakukan oleh para pengguna namun hal itu juga tidak menjamin 100% akun Facebook anda aman, tapi dengan melakukan beberapa hal sebagai usaha untuk melindungi akun anda, hal ini pasti akan sangat membantu. Untuk itu mari kita simak penjelasan berikut ini.

  1. Mengganti password dengan kombinasi yang rumit
BACA JUGA  Tesla Akan Hadirkan Mobil Listrik Yang Memiliki Biaya Baterai Sama Dengan Mobil Gas

Meskipun anda merasa akun anda masih aman-aman saja, sebaiknya tetap melakukan penggantian password dengan kombinasi yang rumit. Akan lebih baik pula apabila mengganti password secara berkala, hal itu bisa kamu lakukan setiap enam bulan sekali supaya dapat meningkatkan keamanan akun anda.

Untuk penggunaan password, usahakan mengisi password dengan jumlah minimal 10 karakter. Kombinasikan antara huruf besar dan kecil, angka, serta tanda baca apa pun yang memungkinkan, dan sebaiknya gunakan password yang rumit serta panjang karena akan semakin mempersulit bagi hacker untuk melakukan pembobolan. Namun meskipun begitu, jangan sampai kamu membuat password namun kamu sendiri sampai terlupa.

  1. Jangan menggunakan fitur ‘remember password’ di perangkat umum

Saat anda masuk ke dalam Facebook dengan menggunakan perangkat bukan milik anda, seperti di komputer warnet atau di kantor, hindari penggunaan fitur tersebut. Hal itu sangat berbahaya karena bisa saja jika anda lupa, orang lain akan dapat secara mudah masuk dalam akun anda. Namun sebaiknya, baik itu merupakan sesuatu yang penting atau tidak, usahakan untuk melakukan login ke Facebook menggunakan perangkat pribadi.

  1. Menggunakan fitur ‘peringatan login’
BACA JUGA  Bongkar, Rahasia Lezat Tahu dan Tempe Penyet Ala Resto

Fitur ini akan membuat anda saat melakukan login, Facebook akan memberi notifikasi apabila akun diakses oleh pengguna yang tidak dikenali. Peringatan ini juga akan memberitahu perangkat apa yang mencoba melakukan login dan lokasinya.

Untuk mengaktifkannya, cari dalam pengaturan > pilih Keamanan dan Info Login > scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Dapatkan Peringatan Tentang Login Tidak Dikenal > pilih Dapatkan Pemberitahuan melalui opsi yang Anda inginkan, misalnya Notifikasi, Messenger, atau Email > Simpan Perubahan.

  1. Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Autentikasi dua faktor merupakan fitur yang akan meminta kode rahasia bila anda akan login dari perangkat baru. Kode rahasia ini akan muncul saat anda akan login melalui sebuah perangkat yang anda percayai. Jadi selama smartphone ada di tangan anda, maka orang lain tidak akan mengetahui kode yang dikirimkan. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa lihat disini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close