fbpx
InternetStreamingTeknologi

Ini Dia Alasannya Kenapa Zoom Lebih Baik daripada Google Meet

Di saat pandemi virus Corona yang saat ini melanda, kebanyakan dari kita harus melakukan pekerjaan dari rumah untuk melakukan rapat ataupun meeting jarak jauh. Untungnya, saat ini ada aplikasi populer untuk konferensi video yang banyak digunakan, yakni Zoom dan Google Meet.

Meski keduanya hampir sama, namun memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda, secara keseluruhan aplikasi Zoom lebih baik dari pada Google Meet. Untuk mengetahui alasannya, dilansir dari IDNTimes, mari kita simak penjelasan berikut.

  1. Mencakup 500 orang per panggilan

Untuk Google Meet membatasi hanya sampai 250 orang per panggilan yang biasanya hal itu sudah lebih dari cukup untuk bisnis kecil, namun berbeda dengan aplikasi Zoom yang dapat mencakup sangat banyak partisipan hingga mencapai dua kali lipat yang diberikan oleh Google Meet yakni 500 partisipan.

  1. Transkrip otomatis untuk panggilan yang direkam

Sebenarnya dua aplikasi ini sama-sama dapat merekam panggilan yang sedang berlangsung. Namun Zoom lebih maju karena pengguna juga akan mendapatkan transkrip untuk setiap rekaman rapat yang tersimpan di Cloud. Hal ini sangatlah berguna untuk mereka yang ingin memiliki catatan tertulis mengenai semua yang dibahas saat rapat tanpa perlu mengetik ataupun menulis.

  1. Dapat merubah gambar latar belakang
BACA JUGA  Daftar 25 Aplikasi Yang Telah di Hapus Oleh Google Karena Berdampak Pada Keamanan Akun FaceBook

Kelebihan selanjutnya dari aplikasi Zoom ini adalah dapat mengubah background atau gambar latar belakang sesuai dengan keinginan pengguna, baik dengan latar belakang pegunungan, pantai, atau yang lainnya. Fitur ini tidaklah mengubah fungsi apapun, namun hal ini akan dapat membantu pengguna terutama mereka yang ingin menutupi ruangan yang berantakan.

  1. Integrasi email yang lebih baik

Memang baru-baru ini Google Meet menyematkan dukungan integrasi serupa untuk Gmail, namun hal ini merupakan sesuatu yang telah lama ditawarkan oleh Zoom. Fitur ini akan dapat membuat pengguna mengerjakan pekerjaan lain via email lewat fitur integrasi email. Di dalam aplikasi Zoom telah memiliki integrasi penuh untuk Gmail, Outlook, Microsoft 365, dan lain-lain.

  1. URL yang dapat dikustomisasi

Kelebihan selanjutnya dari aplikasi Zoom ini dibandingkan dengan Google Meet adalah dapat mengustomisasi URL panggilan video mereka. Contoh apabila pada url acak seperti meet.google.com/ghj-thk-uth,  pengguna dapat memilih nama yang lebih simpel dan mudah untuk diingat.

  1. Branding perusahaan

Terdapat kelebihan lain yang menarik, yakni kesempatan bagi pengguna untuk melakukan branding perusahaan. Pengguna dapat menambahkan branding kustom untuk perusahaan ataupun bisnis pengguna. Fitur ini akan membuat pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Baik bertemu dengan karyawan atau klien yang dapat menjadi tambahan yang sangat bagus.

  1. Fitur lengkap dengan harga yang wajar
BACA JUGA  Google Classroom Aplikasi Untuk Pembelajaran

Meski diketahui bahwa Google Meet menawarkan layanan yang gratis tidak seperti Zoom yang mematok harga. Namun harga yang ditawarkan oleh Zoom terbilang wajar. Hal tersebut tentu sebanding dengan fitur lengkap yang dimilikinya, dan bahkan lebih masuk akal ketimbang layanan panggilan video serupa di luar Google Meet.

Itulah tadi beberapa alasan mengenai Zoom yang dinilai lebih baik daripada Google Meet.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close