fbpx
Dalam NegeriLuar NegeriUncategorized

Ini Dia 3 Fakta Tentang Naiknya Harga Emas Antam yang Cetak Rekor

Emas adalah logam mulia yang sangat digemari oleh kebanyakan orang, hal ini membuat emas memiliki harga yang mahal. Bahkan saat ini harga emas menembus rekor tertinggi sepanjang masa.

Berikut ini merupakan beberapa fakta tentang naiknya harga emas antam.

  1. Tembus Rp 1 juta/Gram

Dari perdagangan terakhir, harga emas hari ini lebih tinggi Rp 25.000, yani menjadi Rp 1.022.000/gram. Sementara itu untuk harga pembelian kembali emas antam juga naik Rp 23.000 ke level Rp 919.000 per gram. Harga tersebut sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Bila kamu menginginkan potongan pajak yang lebih rendah yakni 0,45%, kamu dapat membawa NPWP saat melakukan transaksi.

Untuk harga emas batangan rinciannya sebagai berikut: 1 gram Rp 1.022.000, 5 gram Rp 4.890.000, 10 gram Rp 9.715.000, 25 gram Rp 24.162.000, 50 gram Rp 48.245.000, 100 gram Rp 96.412.000, 250 gram Rp 240.765.000, 500 gram Rp 481.320.000.

  1. Faktor lonjakan harga emas

Pemicu dari harga emas yang naik ini dijelaskan oleh direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim, alasannya adalah hal ini juga didorong oleh ketegangan antara India dan China di perbatasan. Ia menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 40 tank di India yang disiapkan di perbatasan, tentu hal ini mengakibatkan ketakutan pada pasar.

BACA JUGA  Universitas Medan Menerapkan Protokol Kesehatan Saat Masa Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru

Selain itu harga emas juga dipengaruhi oleh pasar yang masih menunggu bank sentral AS yakni terkait dengan kebijakan suku bunga. “Tapi bank sentral AS masih dovish dan tahan bunga. Lalu bank sentral juga mengatakan jika ada kemungkinan suku bunga negatif, tapi ini masih langka di kalangan bank sentral,” ujarnya.

Situasi ini membuat para investor harus wait and see. Selain itu juga ditambah dengan rencana pemberian tunjangan untuk pengangguran yang pada saat ini masih dibahas di parlemen AS.

  1. Harga emas naik, pertanda apa?

Ibrahim juga mengatakan bahwa kondisi naiknya emas yang signifikan dan terus menerus ini menandakan bahwa ekonomi sedang tidak baik. Ia menjelaskan harga emas yang tinggi ini menunjukkan bahwa perekonomian sedang sakit, dikarenakan investor yang pindah ke emas dari instrumen saham dan obligasi.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa situasi ini terjadi karena ekonomi global yang belum stabil, stimulus besar-besaran dikeluarkan oleh pemerintah di banyak negara yang juga turut mempengaruhi harga emas. Sayangnya stimulus tersebut tidak cukup baik untuk perekonomian.

BACA JUGA  Dari Menemukan Barang Hilang Sampai Bertemu Jodoh, Ini Arti Mitos Kedutan di Pelipis Kiri

Ia berharap segera ditemukan vaksin untuk Covid-19 yang diduga kuat menjadi faktor para pelaku-pelaku besar akan kembali ke saham dan obligasi. Jika pertumbuhan ekonomi sudah mulai stabil maka saham dan obligasi harganya juga akan kembali naik.

Itulah tadi beberapa fakta terkait dengan harga emas yang hari ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close