fbpx
FeaturedGaya HidupHobiTrik & Tips

Ingin Menjadi Penulis Harus Lakukan Beberapa Kebiasaan Sederhana Ini, Simak Tips Berikut!

Beberapa orang menganggap kegiatan menulis merupakan sesuatu yang sangat membosankan, karena memang tidak semua orang bisa mengeluarkan ide dalam bentuk tulisan. Namun sebagian orang menganggap hal ini merupakan sebuah hal yang luar biasa. Mereka dapat mengeluarkan berbagai ide dalam tulisan, hal ini mereka anggap sebagai terapi jiwa. Tulisan mereka anggap sebagai luapan dari apa yang mereka rasakan. Jika kamu hobi atau bekerja dalam hal penulisan, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan supaya tulisan menjadi lebih berkualitas.

Dilansir dari IDNTimes, inilah beberapa hal yang harus kamu lakukan apabila ingin tulisanmu menjadi semakin berkualitas.

  1. Rajin membaca

Membaca dan menulis merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika kamu menginginkan tulisan yang berkualitas, kamu harus rajin dalam membaca karena hal itu akan menambah wawasan, kosakata, dan inspirasimu juga akan semakin meningkat. Kamu bisa meluangkan waktu untuk membaca buku seperti novel, buku nonfiksi, koran, majalah, atau banyak lainnya.

  1. Meluangkan waktu untuk menulis
BACA JUGA  PSBB Berdampak, Daihatsu Berstatus Stop Produksi

Jika kamu ingin tulisan yang berkualitas, pasti kamu membutuhkan sebuah latihan untuk dapat mencapainya. Kamu tidak bisa langsung menguasai segala hal tentang penulisan sebelum kamu belajar meluangkan waktu untuk menulis. Sebaiknya biasakan untuk meluangkan waktu dalam menulis setiap harinya, meskipun hanya sebentar, karena hal itu akan merangsang ide-ide baru saat menulis. Jika kamu memiliki cita-cita sebagai penulis, namun kamu suka malas, hal itu pasti akan membuatmu menghalangi cita-citamu sendiri sebagai penulis.

  1. Tulis sesuatu yang kamu senangi

Dalam menulis kita membutuhkan banyak inspirasi, biasanya sesuatu yang kamu senangi merupakan awal dari ide penulisanmu. Kamu juga harus mencari tahu genre apa yang kamu senangi, apakah itu tema fiksi atau nonfiksi, atau yang lainnya. Jika kamu sudah mengetahui tulisan seperti apa yang kamu senangi, kamu bisa memulai untuk menulis serta mengembangkan ide yang kamu miliki.

  1. Catat segera ide yang muncul

Kebanyakan orang sering terbesit ide dalam pikiran mereka, namun karena mereka tidak mencatatnya, hal itu membuat ide yang telah mereka pikirkan menjadi hilang begitu saja. Hal ini pasti sangat disayangkan, karena ide tidak selalu muncul terus menerus, sebaiknya usahakan untuk selalu mencatat ide apa saja yang kamu pikirkan, meskipun hal itu merupakan ide yang kecil.

  1. Lawan rasa malas
BACA JUGA  Sebelum Memakai Mobil di Era New Normal, Pastikan Mesin Mobil Anda Aman Untuk Digunakan

Rasa malas merupakan kebiasaan yang pasti dimiliki oleh setiap orang, hal ini pasti tidak bisa dihindari. Kamu boleh malas, namun kamu tidak boleh membiarkan malasmu tersebut terus berlarut-larut. Sebaiknya kamu memaksa dirimu sendiri untuk melawan rasa malasmu, teruslah melangkah, apalagi kamu masih melakukan langkah yang pertama, hal itu sangat penting bagimu, karena segala hal dimulai dari langkah yang pertama. Yakinlah bahwa dirimu bisa melakukannya, meskipun hal itu memang sulit.

Itu dia beberapa kebiasaan yang dapat kamu lakukan supaya membuat tulisanmu lebih berkualitas, baik dari segi isi, bahasa, maupun pengaruhnya terhadap pembaca.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close