fbpx
Home / Featured / Ingin Membeli Emas? Pertimbangkan Terlebih Dahulu Beberapa Hal Berikut Ini

Ingin Membeli Emas? Pertimbangkan Terlebih Dahulu Beberapa Hal Berikut Ini

Emas adalah logam mulia yang biasa digunakan sebagai perhiasan, alat investasi, maupun sebagai barang simpanan sebagai simbol kekayaan seseorang. Hal ini terjadi karena memang emas memiliki persediaan yang terbatas tidak seperti logam lain.

Namun untuk emas dalam bentuk perhiasan bukanlah pilihan yang tepat sebagai alat untuk di investasikan. Saat emas perhiasan dijual kembali, maka biasanya harga jualnya kan lebih rendah dibandingkan saat kita membelinya.

Untuk itu agar lebih jelas, dikutip dari koinworks.com, berikut adalah pertimbangan yang harus kamu pikirkan saat akan membeli emas batangan ataupun perhiasan.

  1. Tingkat kemurnian emas

Emas yang memiliki kandungan 24 karat menunjukkan bahwa emas tersebut murni tanpa adanya campuran logam lain. Apabila kandungan karat dalam emas tinggi maka kandungan emas yang ada didalamnya semakin besar dan harga emas semakin mahal pula.

  1. Ukuran emas yang dibeli

Harga emas hari ini meningkat drastis, bahkan sampai mencatatkan rekor. Apabila kamu ingin membeli emas sebagai investasi sebaiknya kamu memilih ukuran yang kecil dan tidak terlalu besar. Hal itu dilakukan karena untuk menjaga likuiditasnya supaya lebih mudah untuk dicairkan apabila dibutuhkan. Kamu dapat memilih emas batangan yang memiliki ukuran 5 gram, 10 gram, atau 25 gram.

BACA JUGA  Ingin Ganti Velg Mobil? Perhatikan Hal-Hal Berikut!
  1. Perhatikan sertifikatnya

Supaya lebih aman, sebaiknya kamu memilih tempat terpercaya seperti Pegadaian atau Antam. Bila kamu membeli emas batangan biasanya dilengkapi dengan sertifikat yang di dalamnya menunjukkan kadar emas serta keasliannya. Selain itu sertifikat juga akan menjamin harga jual kembali emas yang dimiliki dapat lebih tinggi.

  1. Emas batangan atau emas perhiasan?

Jika kamu ingin membeli emas sebagai investasi dalam jangka panjang, maka sebaiknya kamu membeli emas batangan. Kamu dapat memilih emas yang bersertifikat dengan kemurnian 99,99% dari Antam ataupun Pegadaian.

Namun apabila kamu ingin membeli emas sebagai alat untuk mempercantik diri, kamu dapat memilih emas perhiasan. Sayangnya saat kamu ingin menjual kembali emas perhiasan, harga jual emas perhiasan cenderung menurun dikarenakan biaya pembuatan perhiasan tidak diperhitungkan oleh pihak pembeli.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk mempertimbangkan sebelum membeli emas, baik itu emas batangan ataupun emas perhiasan.

About syharil

Check Also

8 Susu Formula Bayi Terbaik, Aman & Rekomendasi Dokter | Terbaru 2020

Susu adalah salah satu sumber yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Di dalam susu, memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *