fbpx
Mobil & MotorTrik & Tips

Ingin Ganti Velg Mobil? Perhatikan Hal-Hal Berikut!

Sumber: Suara.com

Bagi para pecinta otomotif, khususnya mobil, pasti sangat antusias untuk memodifikasi kendaraannya. Berapapun harganya, bila memang mereka inginkan pasti mereka lakukan.

Untuk mempercantik kendaraan mereka, velg mobil menjadi hal yang wajib untuk dimodifikasi. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih velg mobil. Karena mengganti velg mobil tidak boleh sembarangan, ada beberapa aturan yang harus diketahui oleh para pecinta modifikasi. Sebab, apabila salah dalam menentukan velg, maka akan berakibat pada kendaraan yang malah membuat ketidaknyamanan.

Untuk mengetahui beberapa hal yang harus dilakukan dalam memilih velg mobil, mari kita simak beberapa penjelasan berikut.

  1. Diameter velg

Dalam hal ini diameter velg harus diutamakan, pasalnya bila diameter velg ukurannya terlalu besar, maka akan membuat kendaraan lebih tinggi dan menyebabkan ban berhimpitan dengan fender/spakbor. Selain itu bila ukuran velg tidak seimbang maka akan membuat kaki pengendara gampang lelah serta membuat roda cepat aus. Sebaiknya diamater ban secara keseluruhan tidak boleh berubah meski ukuran velg ditingkatkan. Namun jika memang ingin merubah, maksimum 2 step atau dua inci lebih besar dari velg standar.

  1. Rasio ban
BACA JUGA  Libur Panjang? Ini Dia Tips Merawat Motor Yang Jarang Dipakai

Biasanya apabila seseorang mengganti velg dengan yang lebih besar, maka mereka akan mengganti ban dengan yang lebih tipis, hal itu akan mengurangi kemampuan ban untuk menyerap getaran saat jalan tidak begitu mulus. Maka sebelum memodifikasi kaki kendaraan, sebaiknya pertimbangkan juga rasio ban mobil.

  1. Berat velg

Berat velg juga berpengaruh pada mobil, khususnya pada sistem pengereman. Bila bobot melebihi standar, maka akan membutuhkan durasi waktu yang lama untuk melakukan pengereman. Selain itu, velg yang lebih berat akan membuat mobil bekerja lebih keras yang akan berpengaruh pada bensin yang cepat habis.

Sumber: 100kpj.com
  1. Spesifikasi baut

Ada mobil yang menggunakan velg dengan empat baut, ada yang lima baut. Ukuran baut biasanya dikenal dengan istilah PCD (Pitch Circle Diameter) yang mempunyai arti jarak lubang baut pada velg.

  1. Lebar velg

Hal ini juga perlu diperhatikan, pasalnya jika lebar velg terlalu ekstrim maka beresiko bibir velg atau ban menyentuh bagian dalam fender.

  1. Uji kualitas velg
BACA JUGA  Wajib Tahu! Inilah Beberapa Jenis Oli Dan Kegunaannya

Untuk menguji velg, hal ini dapat dilakukan dengan menggantungnya dengan karet dan memukulnya dengan obeng untuk mengetahui bunyi (dengung). Bila velg berbunyi dengung halus dan tahan lama, maka velg tersebut dapat dikatakan bagus, namun tidak bila sebaliknya.

  1. Desain velg dan cat yang digunakan

Akan lebih baik bila pengendara memilih velg sesuai dengan jenis kendaraan, karena bila hanya memilih yang mahal dan bagus namun tidak cocok dengan kendaraan, maka akan rugi.

Dalam memilih cat velg, jika memilih velg mobil dengan cat berfinishing Polish, perhatikan dibagian ujung pertemuan antara cat dan polish, jika ada garis halus putih, berarti sudah ada cat yang terkelupas.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close