fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Ilmuan Temukan Keanehan Pada Perilaku Matahari

Ilmuan Temukan Keanehan Pada Perilaku Matahari

Akhir-akhi ini, tak seperti biasanya, ilmuwan mengungkapkan adanya keanehan pada Matahari yang cahayangan menjadi lebih ‘diam’.  Dari hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Science, ilmuwan mengatakan bahwa sumber cahaya Bumi itu terindikasi lebih ‘diam’ ketimbang bintang-bintang sejenis.

Mengamati Bintang Lain Sebagai Pembanding

Untuk mengetahui penyebab kejanggalan ini, mereka memanfaatkan data dari Keppler Space Telescope. Tujuannya untuk mendapatkan bintang-bintang dengan data pengukuran yang sama dengan Matahari dari segi suhu permukaan, umur, dan periode rotasi serta membandingkan terang Matahari dan bintang sepertinya di alam semesta.

Berdasarkan hasil observasi tersebut kecerahan sinar Matahari tampak kurang aktif, jika dibandingkan dengan sebelumnya. Dari 369 sampel bintang seperti Matahari, ilmuwan mengungkap bahwa pada umumnya mengalami fluktuasi kecerahan 5 kali lebih kuat dari Matahari dalam perhitungan selama 140 hari. Diketahui, sebelumnya, para ilmuwan mengandalkan sejarah terbaru dari Matahari untuk memahami kecerahannya.

Sumber: Indozone

Tak hanya itu, para peneliti kemudian juga mengamati bintang-bintang yang berputar sekali di sekitar porosnya sendiri dalam waktu 20 hingga 30 hari.

BACA JUGA  Begini Caranya Menanam Biji Kurma di Indonesia

Usia Matahari

Sampai saat ini usia Matahari adalah 4,6 Miliar TahunSementara itu jika berpacu pada pada riset dalam berbagai elemen, seperti lingkar pohon atau rekaman fosil, diketahui pula bahwa Matahari berada dalam kondisinya saat ini setidaknya selama 9.000 tahun.

Namun,  ilmuwan tidak mengetahui apakah situasi yang sama pernah terjadi di masa sebelumnya dan ataukah keadaan ini hanya berlangsung temporer. Sayangnya, itu adalah periode yang relatif kecil jika dibandingkan dengan usia Matahari yang diperkirakan hampir 4,6 miliar tahun.

Misteri Perilaku Matahari

Berdasarkan hasil penelitian terbaru sangatlah  memungkinkan  bagi para ilmuwan untuk membandingkan bintang kita dengan yang sejenis, sehingga bisa memberikan gambaran yang lebih baik tentang seberapa normal perilakunya. Tetapi para ilmuwan masih belum mengerti mengapa Matahari mengalami perilaku yang sangat tidak biasa.

” Bisa dibayangkan bahwa Matahari mungkin telah melalui fase tenang selama ribuan tahun, dan karena itu kita memiliki gambaran yang keliru tentang bintang kita ini,” kata Dr Timo Reinhold seorang penulis utama penelitian, yang menerbitkan temuannya dalam jurnal Science.

About dewi

Check Also

8 Pensil Warna Terbaik untuk Anak & Profesional, Rekomendasi Terbaru 2020

Mewarnai adalah sebuah kegiatan yang sangat disukai oleh anak anak. Selain itu, ternyata mewarnai juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *