fbpx
KesehatanTrik & Tips

Hindari Minuman Ini Saat Berbuka Puasa, Ini Solusinya!

Sumber: Portal Wanita Muda

Es teh memang menjadi minuman yang banyak dijumpai setiap saat, apalagi saat berpuasa seperti di bulan ini, tentu semakin banyak orang yang mengonsumsi minuman tersebut. Namun, meskipun dapat menghilangkan rasa dahaga, es teh tidak lah dianjurkan untuk menjadi minuman buka puasa. Memang sebaiknya kita mengonsumsi yang manis-manis, namun kita juga harus mengetahui pemanis seperti apa yang terkandung didalamnya. Hal ini karena minuman ini sendiri memiliki pemanis yang tidak benar-benar alami, apalagi minuman es teh kemasan yang belum kita ketahui betul apa yang terkandung didalamnya.

Hal itu dapat memicu beberapa gangguan kesehatan, lebih baik konsumsilah makanan atau minuman yang memiliki rasa manis alami seperti kurma dan buah-buahan lain untuk berbuka puasa, demi menjaga tubuh tetap sehat. Meskipun begitu boleh saja mengonsumsi es teh sesekali dalam jumlah yang terbatas.

Untuk kalian yang terbiasa menggunakan es teh, berikut beberapa alternatif yang lebih sehat yang dapat kalian konsumsi sebagai pengganti es teh.

BACA JUGA  Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes
  1. Kurma

Tidak hanya mengandung gula alami yang baik untuk tubuh, namun kurma juga merupakan buah yang mempunyai serat tinggi dan mudah untuk dicerna, kurma juga memiliki kandungan mineral yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan. Buah ini juga merupakan anjuran dari nabi untuk umat muslim sebagai makanan buka puasa.

  1. Buah-buahan lain

Selain kurma, buah-buahan lain tentu juga memiliki kandungan gula alami yang baik untuk kesehatan. Buah yang memiliki kandungan mineral yang tinggi dapat membantu mencukupi cairan tubuh akibat puasa. Sedangkan vitamin yang banyak dikandung oleh buah juga baik untuk kesehatan.

Jika anda bosan dengan mengonsumsi buah dengan tampilan apa adanya, anda juga bisa mengolahnya menjadi berbagai macam menu berbuka puasa, seperti jus atau anda juga dapat menambah yogurt pada buah yang akan anda konsumsi.

  1. Nasi merah serta sumber karbohidrat lainnya

Karbohidrat sangat baik untuk membantu mengembalikan stamina tubuh, carilah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang dapat mencukupi asupan tubuh anda. Nasi merah dalam hal ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, selain itu anda juga dapat memilih makanan yang terbuat dari gandum sebagai pilihan makanan berbuka puasa. Hal ini sangat membantu anda dalam menjaga tubuh supaya tidak cepat merasa lemas saat berpuasa.

  1. Daging
BACA JUGA  Tips, Mengatasi Susah BAB Saat Puasa

Selain gula dan karbohidrat, protein juga dapat membuat tubuh lebih berstamina. Untuk anda yang menyukai daging pasti sangat antusias dalam hal ini, karena daging memiliki protein yang tinggi, pilih lah daging yang rendah lemak. Selain daging anda juga dapat mengonsumsi susu dan kacang-kacangan yang juga kaya akan protein.

  1. Sup

Makanan ini sangat baik untuk berbuka puasa, apalagi sup yang memiliki bahan makanan yang sehat didalamnya seperti sayur-sayuran. Dengan sup anda bisa merasakan kehangatan yang akan membuat perut anda terasa lebih nyaman.

Itulah tadi beberapa alternatif menu berbuka puasa yang lebih sehat, jadi jangan malas untuk tetap menjaga kesehatan di bulan Ramadhan ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close