fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriUncategorized

Heboh Soal Dukhon dan Dentuman di 15 Ramadhan

Akhir-akhir ini pembicaraan mengenai dukhan sangatlah ramai di media sosial dan aplikasi pesan instan WhatsApp beberapa waktu terakhir. Santer tersebar informasi bahwa akan ada kabut atau dukhan pada pertengahan bulan Ramadhan tahun ini. Ramainya pembicaraan dukhan ini dikaitkan dengan isu adanya asteroid yang akan menabrak bumi pada 8 Mei 2020 dan bertepatan dengan tanggal 15 Ramadhan

Secara resmi Lapan telah membantah kabar tersebut mengenai tabrakan antara asteroid dan bumi namun seiring berjalannya waktu topik  soal dukhan terus mencuat dan dikaitkan dengan tanda-tanda kiamat.

Pengertian dukhan

Anwar Abbas selaku Sekjen MUI mengatakan bahwa di antara tanda kiamat akan tiba adalah munculnya ad-dukhan yang berarti asap atau kabut tebal. Anwar menjelaskan secara tegas bahwa tak ada satu orang pun yang bisa memastikan kapan terjadinya kiamat akan tiba. Karena yang tahu tentang kapan kiamat itu akan tiba hanya Tuhan saja yang tahu yang lain tidak tahu.

Penjelasan hari kiamat

Bahkan, Anwar menyebut Nabi Muhammad SAW pun tidak tahu dan tidak diberitahu oleh Allah soal hari kiamat. Menurutnya, hari kiamat adalah sesuatu yang gaib dan hanya diketahui oleh Allah SWT. Selain itu Ketua MUI Sumatera Barat Gusrizal Gazahar membenarkan bahwa salah satu tanda hari kiamat adalah munculnya dukhan. Menurutnya, dalam menafsirkan dukhan ini juga beragam. Di antara ulama ada yang mengatakan asap, ada juga yang mengatakan debu. Hal penting yang perlu di ingat yakni tak ada satu pun riwayat sahih yang menentukan kapan waktu kemunculan dukhan itu.
Gusrizal juga mengatakan, dasar dari prediksi itu sudah tidak benar karena kategori hadisnya adalah dhoif jiddan (sangat lemah). Bahkan banyak para ulama yang berpendapat hadist itu palsu. Menurut pendapat  Gusrizal terkait perkara pertama yaitu dukhan yang muncul sebelum hari kiamat dan itu adalah benar, tapi tak ada riwayat yang menyebutkan tanggalnya. Sementara itu, yang kedua yakni riwayat yang menunjukkan pertengahan ramadhan akan terjadi shoihah, yaitu dentuman atau goncangan. Ia menegaskan bahwa konsep keimanan pada gaib harus berdasarkan pada Al Quran dan hadis yang sahih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close