fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanLuar NegeriViral

Heboh, Beredar Gambar FBI Tangkap Bill Gates Atas Teror Biologis

Viral di berbagai media sosial yang memperlihatkan bos Microsoft yakni Bill Gates dengan tangan terborgol ditangkap oleh agen-agen Biro Investigasi Federal AS (FBI) atas tuduhan terrorism biologis. Bagaimana faktanya?

Dikutip dari laman AFP Fact Check, Jumat (22/5/2020) gambar tersebut dipastikan hoax. Foto hoaks tersebut telah diedit dari foto sesugguhnya mengenai penangkapan mafia New York, Vincent Asaro. Berita yang berupa foto ini pertama kali diterbitkan oleh situs web yang direproduksi di situs jadi memang terkesan terlihat seperti berita sungguhan. Dalam foto tampak kedua tangan Bill Gates diborgol, dengan mengenakan stelan hitam, jaket dan celana hitam, lengkap dengan kacamata.

Seorang pendiri Microsoft yakni Bill Gates (64) telah ditangkap oleh FBI hari ini atas tuduhan terorisme biologis setelah terungkap ia menciptakan virus corona sehingga ia dapat mengendalikan kami karena ia selalu tertarik pada hal semacam itu, tertulisn jelas dalam web itu.

Foto dari postingan asli tersebut dibagikan di tautan Facebook ke artikel yang diterbitkan di situs web Australia bernama The Betoota Advocate dan dibagikan lebih dari 5.000 kali. Artikel yang meragukan tanggal terbitnya ini yang menampilkan bahwa kode sumber diterbitkan pada 11 Mei 2020, mengklaim bahwa “Bill Gates (64) telah ditangkap oleh FBI hari ini dengan tuduhan terorisme biologis setelah terungkap ia menciptakan virus Corona”.

BACA JUGA  ZTE Patenkan Smartphone Uniknya, Bisa Dilipat Tiga?

Ia juga menambahkan bahwa penangkapan itu “dilaporkan sebagai hasil tipu-tipu dari para ahli teori konspirasi Melbourne yang melanggar batasan pembatasan Victoria kemarin untuk menyebarkan ‘kebenaran’ tentang apa yang disebut pandemi ini”.

Foto asli yang sesungguhnya melaporkan penangkapan mafia New York Vincent Asaro pada Januari 2014 dalam kasus pencurian tahun 1978. Selebihnya pada foto kedua yang digunakan di laman pos yang sama, yang menunjukkan kerumunan yang memegang spanduk, diambil selama aksi unjuk rasa anti-lockdown baru-baru ini di Australia. Sebagaimana diketahui, Bill Gates selama ini telah menjadi target dari banyaknya teori konspirasi COVID-19. Namun, teori konspirasi tersebut sama sekali tak pernah ada yang terbukti.

Faktanya, itu hanya foto editan atau hoax saja, sedangkan yangaslinya adalah foto yang memperlihatkan penangkapan Vincent Asaro pada Kamis 23 Januari 2014. Vincent Asaro (78) yang saat itu dituduh ikut serta dalam sebuah pencurian terkenal di sebuah terminal Lufthansa di Bandara John F Kennedy (JFK), New York, tahun 1978.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close