fbpx
FoodieGaya HidupKesehatanTrik & Tips

Harus Tahu! Ternyata Inilah Faktor yang Mempengaruhi Berat Badanmu

Setiap orang tentu menginginkan berat badan ideal, yakni tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk. Namun ternyata untuk mencapai berat badan ideal kita perlu melakukan berbagai usaha supaya dapat mencapainya. Untuk itu sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor yang mempengaruhi berat badan kita.

  1. Mikroba Dalam Perut

Sebuah penelitian dilakukan kepada saudara kembar yang memiliki berat badan yang berbeda 41 kg. Prof Tim Spector yang telah melakukan penelitian tersebut mempercayai bahwa perbedaan berat badan saudara kembar itu dipengaruhi oleh organisme kecil atau mikroba yang hidup di dalam usus.

Dalam sampel kotoran saudara kembar tersebut, diungkapkan bahwa yang lebih kurus memiliki mikroba yang sangat beragam jauh dibandingkan yang lebih gemuk yang memiliki lebih sedikit spesies yang hidup di ususnya. Semakin beragam mikroba yang ada dalam usus, semakin kurus pula orang tersebut, sedangkan apabila mikroba lebih sedikit seseorang akan lebih gemuk.

  1. Gen Tubuh

Beberapa orang mengalami susah untuk menurunkan berat badan, meskipun telah rajin mengikuti diet serta olahraga secara teratur, sedangkan orang lain ada yang hampir tidak melakukan apapun namun tidak menimbun berat badan.

BACA JUGA  Pendaftaran Kartu Pra-Kerja Resmi Dibuka, Simak Infonya

Hal tersebut dijelaskan oleh para ilmuwan di Universitas Cambridge yakni sekitar 40-70% berat badan seseorang dipengaruhi oleh variasi gen yang diwariskan di dalam tubuh. Gen terlibat dalam mengatur berat badan, apabila memiliki kesalahan tertentu pada beberapa gen hal itu cukup mendorong obesitas.

Gen akan dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang, jenis makanan yang disukai, serta bagaimana kita membakar kalori dalam tubuh.

  1. Waktu Makan

Dr James Brown, seorang pakar obesitas menjelaskan bahwa saat kita telat makan maka semakin besar kemungkinan menambah berat badan. Bukan karena kurang aktifnya di malam hari, namun karena jam tubuh internal kita.

“Tubuh diatur untuk menangani kalori jauh lebih efisien selama periode siang hari ketika terang daripada di malam hari ketika gelap,” jelasnya.

Saat malam hari tubuh akan berusaha mencerna lemak dan gula, sehingga jika anda mengonsumsi sebagian besar kalori sebelum jam 19.00, maka hal itu dapat membantu menurunkan berat badan atau mencegah untuk menambahnya.

  1. Mengelabui Otak
BACA JUGA  Hindari Kebiasaan Ini Supaya Berat Badan Kamu Tetap Ideal

Anda dapat melakukan usaha ini dengan cara mengganti makanan yang tidak sehat di meja dapur dengan meletakkan semangka buah atau cemilan yang sehat sebagai penggantinya. Hal ini tentu efektif dibandingkan dengan hanya mengandalkan tekad secara sadar.

Jangan meletakkan satu bungkus penuh biskuit di depan televisi, tuangkan saja sebanyak yang anda rencanakan, dan usahakan konsumsi makanan sehat lain sebagai pengganti.

  1. Hormon

Hormon dapat mengendalikan selera makan kita, hormon juga akan membuat kita merasa lapar meningkat dan membuat lapar menjadi berkurang. Penelitian yang dilakukan di Imperial College London telah menduplikasikan hormon khusus yang menyebabkan perubahan nafsu makan setelah melakukan operasi bariatrik serta menggunakan ini untuk uji klinis baru. Mereka mencampurkan 3 hormon yang disuntikkan kepada pasien setiap hari selama 4 Minggu, pasien merasa kurang lapar, mereka makan lebih sedikit dan mereka kehilangan 2-8 kg hanya dalam 28 hari.

Itulah tadi beberapa faktor yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Untuk kamu yang ingin mengetahui berat badan yang ideal kamu dapat melihat cara menghitung berat badan ideal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close