fbpx
Home / Teknologi / Internet / Google Classroom Aplikasi Yang Mempermudah Proses Pembelajaran Secara Online

Google Classroom Aplikasi Yang Mempermudah Proses Pembelajaran Secara Online

Google Classroom adalah salah satu aplikasi pembelajaran jarak jauh atau secara daring dari pengajar kepada peserta didik. Seperti pada masa sekarang ini, mewabahnya covid-19 yang membuat beberapa sektor mengalami kendala.

Salah satunya terdapat pada sektor pendidikan. Dimana keadaan yang membuat peserta didik dan pendidik tidak boleh melakukan kontak secara langsung karena untuk menghindari penyebaran covid-19.
Dengan begitu, dalam sistim pendidikan dibuat sebuat aturan atau kebijakan baru mengenai sistim pendidikan yang dilakukan oleh lembaga yang semula dilakukan secara langsung, kini dalam proses pembelajaran dilakukan secara daring atau online.

Baplikasi yang digunakan dalamproses pembelajaran, salah satunya adalah Google Classroom yang dimiliki oleh pihak Google. Google Classroom saat ini di gunakan dalam proses pembelajaran di berbagai kalangan. Karena ke efisiensi dan mudahnya dalam menjalankannya serta dapat di akses oleh banyak pihak. Dengan adanya aplikasi ini, membantu para pengajar atau guru dalam penyampaian materi kepada para murid nya. Waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran pun efisien, karena tidak membatasi dalam ruang gerak dari peserta didik.

BACA JUGA  Woww, Ternyata Ini Dia Lokasi di Bumi Yang Memiliki Udara Terbersih Menurut Ilmuwan

 

Guru atau pengajar sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Aplikasi ini memudahkan guru untuk memberikan materi kepada murid secara sederhana dan mudah penyampaianya. Seperti pada saat masa seperti ini guru harus berperan aktif dalam memberikan materi kepada para peserta didik. Banyak pengajar yang belum faham teknologi, tetapi dengan adnanya aplikaso google classroom, memudahkan para guru yang belum begitu faham aknan teknologi, karena sederhana dalam pengoperasianya.
Juru juga terbantu dalam tenaga yang dikeluarkannya. Kini tenaga yang dikeluarkan tidak banyak seperti yang dilakukan saat masih pembelajaran biasa. Dilihat dari sudut pandang lain, guru terbantu dalam menggunakan tenaganya. Guru lebih banyak memiliki waktu untuk mempersiapkan materi secara maksimal untuk disajikan dalam proses pembelajaran.

Siswa atau peserta didik juga terbantu dalam proses pembelajaranya, karena lebih mudah mencari refrensi atau materi tambahan terkait materi yang telah di sajikan oleh pemateri atau guru.

Dalam mengirim tugas, juga terbilang mudah. Cara mengirim tugas di Google classroom yaitu dengan klik pemberitahuan baru yang telah dikirimkan oleh pengajar, kemudian klik tambahkan file untuk melampirkan tugas yang berbentuk file, seperti vidio, ppt, doc, atau foto.

About Rizki

Check Also

8 Teropong Binokular Terbaik, Murah & Profesional – Terbaru 2020

Mengamati adalah sebuh kegiatan yang sangat banyak dilakukan oleh sebagian besar manusia. Dengan mengamati, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *