Breaking News
Home / Teknologi / Internet / Google Classroom Aplikasi Untuk Pembelajaran

Google Classroom Aplikasi Untuk Pembelajaran

Google Classroom adalah sebuah aplikasi pembelajaran yang dimiliki oleh Google. Aplikasi ini memudahkan dalam pembelajaran secara Online seperti sekarang saat masa pandemi Covid-19.

Google Classroom terhubung dengan gmail, drive, hangeout, youtube dan aplikasi kalender. Fasilitas yang digunakan oleh Google Classroom begitu banyak dan memudahkan guru dalam melakukan pembelajaran secara Online kepada siswanya.

Google Classroom sangat cocok digunakan bukan hanya dalam ruangan atau kelas, melainkan juga bisa di akses dimana-mana. Proses pembelajarannya bisa dilakukan dimana saja sesuka penggunanya. Karena jika terus menerus melakukan pembelajaran di ruangan, maka siswa akan merasa bosan dan jenuh.

Google Classroom adalah sebuah aplikasi yang menyediakan fasilitas berupa learning management system yang digunakan sebagai penyediaan bahan untuk mengajar, tes penilaian yang sangat cocok digunakan untuk para pengajar jarak jauh seperti pada masa seperti ini. Karena Google Classroom memiliki keunggulan keefisiensi dan efeksitasnya.

Untuk bisa menggunakan Google Classroom pertama kita harus download aplikasi di Play Store. Setelah itu bisa login menggunakan email. Setelah masuk akan mendapatkan tiga menu utama pada bagian awal. Stream atau aliran, dan pretes, classwork atau aktifitas, dan people. Stream berfungsi untuk untuk membuat pengumuman, diskusi, dan melihat topic, quiz, materi yang diajarkan oleh pendidik. Classword digunakan untuk membuat soal, pretes, quiz, dan mengunggah materi yang akan dipelajari. People digunakan untuk mengundang siswa dalam pembelajaran.
Di classword, materi yang di unggah dapat berupa file word, pdf, video, exel, maupun PPT. bagi siswa yang ingin bergabung dalam kelas pembelajaran, caranya cukup singkat. Pertama harus download aplikasi Google Classroom, setelah itu login menggunakan email, setelah masuk kemudian klik tanda “+” yang ada di toolbar pada bagian atas halaman awal. Setelah di klik, kemudian akan muncul dua kategori, yaitu membuat kelas dan bergabung dengan kelas. Pilih opsi bergabung dengan kelas. Kemudian masukan kode kelas yang telah di berikan oleh guru. Setelah itu pembelajaran bisa dilakukan kan kamu sudah masuk dalam kelas Google classroom yang telah dibuat oleh guru.
Guru memberikan nama atau subjek pada kelas pembelajaranya supaya siswa tidak kebingungan.

Cara mengirim tugas di google classroom adalah dengan caara setelah guru memberikan materi, kemudian guru akan membagikan sebuah pengumuman baru di dalam kelas online, klik pengumuman tersebut. Setelah itu ada papan pengiriman tugas, masukan tugas dan kirim dengan cara klik submit, tugas akan terkirim pada pengajar.

About Rizki

Check Also

Pasanganmu Selingkuh? Kamu Dapat Gunakan Beberapa Aplikasi Penyadap WhatsApp Ini

Kadangkala beberapa pasangan khawatir akan perselingkuhan, saking khawatirnya mereka akan berusaha untuk mengetahui apa yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *