fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriFeaturedUncategorized

GoodNews, Mudik Lokal di Perbolehkan. Simak Aturan yang Harus di Taati !

Kabar baik yakni pemerintah memperbolehkan mudik lokal atau bepergian di wilayah PSBB , khususnya untuk wilayah Jabodetabek. Diketahui sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan aturan untuk melarang warga yang tinggal di daerah zona merah untuk tak mudik ke luar daerah.

Larangan mudik tersebut dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mulai diberlakukan sejak 24 April 2020 lalu. Tapi, sekarang masyarakat diperbolehkan untuk mudik lokal antarwilayah di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek.

Nantinya saat Hari Raya Lebaran, warga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya masih bisa melakukan mudik lokal. Meski begitu, masyarakat harus tetap sadar akan risiko kesehatan yang diterima dari kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, mudik lokal antarwilayah di Jabodetabek dibolehkan dengan syarat harus mematuhi aturan PSBB.

Sementara, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo juga mengatakan bahwa pihaknya tak bisa melarang orang-orang yang bepergian dalam jarak dekat pada masa pandemi ini.

BACA JUGA  Pemberlakuan Ganjil Genap Pada Masa PSBB Transisi

“Dalam mudik lokal di Jabodetabek misalnya, pengendara mematuhi aturan berkendara selama PSBB, seperti pakai masker, penumpang jaraknya diatur, itu kami tidak bisa melakukan penindakan karena tugas kami hanya melakukan soal aturan PSBB saja,” tutur Sambodo, dikutip dari Kompas.com, Kamis (14/5/2020).

Meski tak ada penindakan bagi yang melakukan mudik lokal, masyarakat diimbau untuk tidak pergi mengunjungi saudara yang masih satu kawasan atau aglomerasi. Pasalnya, mudik lokal berpotensi membuat penderita virus corona meningkat drastis. Padahal, beberapa negara tetangga saat ini sudah mulai menunjukkan penurunan. Dalam melakukan aktivitas mudik lokal ini, masyarakat tetap harus mematuhi aturan yang berlaku. Begini syarat mudik lokalnya:

  1. Dengan catatan, harus berada di alamat KTP yang sama.
  2. Pemotor juga diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan, tak ketinggalan helm, saat bersilaturahim ke sanak famili.
  3. Bagi pengguna mobil yang ingin melakukan mudik lokal, semua penumpangnya wajib mengenakan masker. Selanjutnya, hal yang tak kalah penting adalah pengaturan posisi tempat duduk di dalam kabin. Pengendara mobil serta penumpang tetap harus menerapkan physical distancing.
BACA JUGA  4 Anggota TNI & 14 Orang Warga Sipil Ditangkap Terkait Pencurian Kabel Telkomsel

Dengan skema posisi berkendara yang diperbolehkan di Jakarta dibagi menjadi tiga jenis, mulai dari mobil dua baris, tiga baris, sampai empat baris.

  • mobil dua baris, maksimal diisi tiga penumpang dengan posisi satu pengemudi dan dua penumpang di belakang.
  • mobil tiga baris, batasnya empat penumpang dengan skema satu pengemudi, dua penumpang di baris kedua, dan satu penumpang di baris ketiga.
  • mobil empat baris, maksimal diperbolehkan mengangkut enam orang. Posisinya satu pengemudi, dua penumpang baris kedua, satu di baris ketiga, dan dua lagi di baris keempat.

Nah, cukup jelas bukan aturan terbaru mudik local menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close