fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriFenomena Alam

Gempa 5,3 M Guncang Kepulauan Mentawai

Telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,3 yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Sabtu (23/5/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi terjadi pada pukul 05.36 Waktu Indonesia Barat (WIB).

“Pusat gempa bumi berada di 40 kilometer Barat Daya Tuapejat, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat,” seperti yang ditulis BMKG.

Titik koordinat gempa tercatat pada 2.39 derajat Lintang Selatan (LS) dan 99.58 derajat Bujur Timur (BT). Kedalaman gempa adalah 28 kilometer. BMKG secara gambling menyatakan bahwa gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 683 kali gempa tektonik terjadi di Indonesia selama bulan April 2020. Angka tersebut mengalami penurunan yang cukup drastis dari bulan sebelumnya.

“Jumlah ini turun dari bulan sebelumnya Maret 965 kali,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Sabtu (1/5/2020).

Ia menyebut, fenomena naik turun atau fluiktuasi jumlah gempa bulanan adalah wajar. Rahmat juga menyatakan gempa yang terjadi selama Bulan April didominasi oleh gempa dengan magnitudo kecil yaitu di bawah magnitudo 5,0. Diketahui gempa tersebut terjadi sebanyak 664 kali. Menurut Rahmat, jumlah tersebut turun dari bulan sebelumnya, yang terjadi sebanyak 949 kali. Sementara itu, gempa signifikan yaitu gempa dengan magnitudo di atas 5,0 terjadi sebanyak 19 kali, jumlah tersebut naik dari bulan sebelumnya yang berjumlah 16 kali.

BACA JUGA  Inilah Tampilan Epik Huawei P30, Cek Detailnya !

Berikut, 5 langkah sederhana jika terjadi gempa di daerah kalian:

  1. Tetap Tenang

Langkah pertama saat getaran gempa bumi terjadi adalah usahakan untuk tetap tenang dan tidak panik. Jika berada di dalam rumah kamu bisa berlindung di bawah meja dan lindungi kepala dengan tas atau tangan. Usahakan untuk tidak berada dekat dengan lemari atau barang pecah belah. Segera lah keluar dari rumah begitu getaran gempa selesai.

  1. Segera Keluar dari Ruangan

Langkah kedua, jika kamu berada dalam gedung tinggi, usahakan segera keluar dari gedung tersebut. Sebaiknya gunakan tangga darurat dan jangan pernah gunakan lift.

3. Waspadai Gedung Tinggi

Langkah ketiga, jika kalian berhasil berada di luar ketika terjadi gempa, waspadai bangunan dan pohon tinggi. Jauhi lah bangunan dan tiang-tiang tinggi karena sangat berbahaya jika rubuh.

  1. Waspada Gempa Susulan

Langkah keempat, kalau getaran gempa bumi sudah selesai, tetap waspada terhadap gempa susulan. Getaran yang terjadi pada gempa susulan terkadang lebih besar dari pada gempa yang pertama.

BACA JUGA  Tidak Tanggung-Tanggung, Baim Wong Borong 20 Honda Beat Secara Cash, Buat Apa?

Nah, itulah beberapa tips jika kalian menghadapi gempa di daerah kalian.

Sumber: Youtube ( Tribun Padang)

 

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close