fbpx
Dalam NegeriMobil & MotorTeknologi

Gelis, Gerobak Listrik Buatan Anak Bangsa Siap Diproduksi Massal

PT Solar Panel Indonesia (SPI) telah mengumumkan keberhasilannya dalam membuat kendaraan roda tiga bertenaga listrik pertama yang ada di Indonesia. Kendaraan listrik ini dinamai gerobak listrik atau dapat disingkat Gelis. Kendaraan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Pimpinan PT SPI, Budi Prasetyo mengatakan bahwa kendaraan ini digerakkan oleh energi listrik sepenuhnya, pihaknya akan segera memproduksi produk ini dan dipasarkan secara luas ke seluruh tanah air.

“Gelis kami ciptakan sebagai kendaraan niaga yang berbasis pada energi listrik yang terbaru. Kendaraan ini mudah digunakan serta tidak membutuhkan perhatian khusus dalam hal perawatan,” ungkap Budi, Senin (18/4/2020).

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dari penciptaan produk ini didorong oleh perusahaan, yang ingin membantu para pedagang UMKM tersebut.

“Kami ingin membuat pedagang UMKM lebih maju dalam berusaha. Dengan Gelis mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tangan sendiri,” tambahnya.

Sementara itu, Ary Tjahyono, Chief Marketing Officer PT SPI menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa perangkat untuk mendukung efektivitas penggunaan Gelis, salah satu yang utama adalah jaringan pemasaran dan pelayanan purna jual. Ia menyebutkan bahwa dengan aplikasi ini, konsumen dan calon konsumen bisa mengetahui informasi tentang Gelis melalui telepon seluler, aplikasi tersebut bernama HEY Indonesia.

BACA JUGA  Gara-Gara Corona, Ibu Kota Baru Ditunda

“Melalui aplikasi HEY Indonesia, Konsumen akan lebih mudah mendapatkan pelayanan. Dengan demikian nilai serta tujuan dari produk Gelis dapat dijalankan dengan baik pula,” ungkap Ary.

Model pertama yang akan diproduksi oleh perusahaan ini adalah Gelis 300. Gelis 300 memiliki motor elektrik berdaya 800 watt dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48V-26AH, dan mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30km/jam, dengan jarak tempuh rata-rata 30 kilometer.

Kendaraan ini mempunyai berat kotor mencapai 600 kg, dan mampu mengangkat beban hingga seberat 300 kg. Sementara itu, untuk varian kendaraan ini yaitu Gelis Light Metal, Gelis Retro, dan Gelis Cargo yang dibanderol dengan harga berkisar mulai Rp 20 juta, serta Gelis Garb yang dibanderol dengan harga kisaran Rp 21 juta.

Untuk masa garansi kendaraan ini memberikan 5 tahun garansi rangka, 1 tahun garansi motor, 6 bulan garansi baterai, 6 bulan garansi pengontrol, dan 6 bulan garansi perangkat pengisian ulang baterai dengan didukung 7 jaringan dealer resmi.

Untuk 7 jaringan resmi tersebut berada di Jakarta. Sementara Bogor, Surabaya, Malang, dan Denpasar masing-masing ditempatkan satu dealer.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close