fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriUncategorized

Geger, Ganjar Usul Pemotongan Gaji 50 % ASN

Ditengah pandemic virus corona ini, diketahui Gubernur Jawa Tengah yakni  Ganjar Pranowo mengusulkan agar gaji aparatur sipil negara atau ASN golongan III ke atas dipotong hingga 50 persen.

Dengan mencuatnya usulan Ganjar tersebut, tak sedikit pula yang mencibir Gubernur Jateng itu, terutama dari kalangan ASN maupun pegawai negeri sipil (PNS).

Namun, ada juga beberapa pihak yang setuju dengan usulan gubernur berambut putih itu terutama dari kalangan buruh atau pihak swasta.

Berdasarkan pendapat dari Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBI) yakni Elly Rosita Silaban mengatakan bahwa “Saya kira itu langkah yang tepat. Apa yang diusulkan Pak Ganjar sangat manusiawi. Terobosan itu tentu sangat menenangkan kekhawatiran hidup masyarakat yang kesusahan. Termasuk kawan-kawan buruh,” ujarny, Minggu (3/5/2020).

Elly menilai bahwa usulan Ganjar agar gaji ASN dipotong, seharusnya diterima baik oleh para ASN. Selain itu, pihaknya menilai kebijakan pemotongan gaji itu tak hanya diterapkan pada ASN saja, tapi juga pada pejabat tinggi, BUMN, DPR, Kementerian, dan lembaga lain.

BACA JUGA  KAI Berhenti Beroperasi, Simak Prosedur Pembatalan Tiket Kereta Api Berikut!

“Sebenarnya Pak Ganjar mengajak para ASN untuk berempati. Empati ini penting, mereka yang mampu harus membantu masyarakat, sekecil apapun bentuknya itu sangat bermanfaat,” kata dia.

Tanggapan mengenai sikap ASN yang cenderung tidak sependapat pada Ganjar, seharusnya hal itu tidak terjadi. Pasalnya, nasib ASN jauh lebih baik dan terjamin disbanding pihak lain ditengah pandemi ini.

Selebihnya, sebaiknya jajaran ASN juga tidak boleh terlalu ekslusif dan mempertontonkan kemewahan saat banyak masyarakat kesulitan. Faktanya, meski selama ini mereka dirumahkan, namun masih tetap menerima bayaran utuh, bukankah itu hal yang tidak adil ? Dibandingkan nasib para buruh yang harus rela di PHK secara masal karena pandemi ini.

“Mereka nasibnya masih lebih bagus karena selama ini meskipun dirumahkan, namun tidak ada pemotongan. Sementara para buruh, ada yang di-PHK atau dirumahkan tanpa ada pendapatan. Seharusnya, usulan pak Ganjar ini didukung sebagai bentuk sumbangsih kepada masyarakat yang lebih membutuhkan,” tegas Elly.

Sementara itu salah satu ASN di Jateng yang enggan disebutkan namanya tidak setuju jika gaji dipotong seperti usulan Gubernur Ganjar Pranowo.

BACA JUGA  Surabaya, Sidoarjo dan Gresik Resmi PSBB

Menurutnya, tanpa ada pemotongan, gaji ASN saat ini sudah cukup kecil karena harus menerima pemotongan yang lain seperti cicilan rumah, angsuran, dan lain-lain.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close