fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Gawat, Para Ilmuan Telah Temukan Anomali Besar di Atlantik Selatan

Gawat, Para Ilmuan Telah Temukan Anomali Besar di Atlantik Selatan

Para ilmuan tak henti-hentinya terus melakukan penelitian tentang misteri alam semesta. Dengan mengunakan data satelit, para ilmuwan menemukan bahwa “anomali” di Atlantik Selatan mungkin terpecah menjadi dua. Hal itu diketahui karena medan magnet bumi saat ini terus melemah. Apabila ini terus terjadi, maka  benda-benda yang berada di langit bisa berjatuhan.

Seperti yang kita ketahui bahwa medan magnet terus bergerak. Sebagai bagian dari fluktuasi normal, ia akan menjadi kuat dan melemah. Menurut penelitian terbaru dari data Badan Antariksa Eropa (ESA), selama dua abad terakhir, kekuatan medan magnet telah kehilangan sekitar 9% kekuatannya.

Sumber: melinweb.com

Area besar dengan kekuatan medan magnet yang berkurang terbentuk antara Afrika dan Amerika Selatan, yang dikenal sebagai anomali Atlantik Selatan. Dalam 50 tahun terakhir, medan magnet berkembang dengan kecepatan sekitar 20 kilometer per tahun dan bergerak ke barat. Namun, dalam lima tahun terakhir, pusat intensitas minimum kedua juga telah muncul di barat daya Afrika, menunjukkan bahwa Anomali Atlantik Selatan dapat terpecah menjadi dua sel terpisah.

BACA JUGA  Penilitian Temukan Penularan Virus Corona Dari Kucing ke Kucing, Bagaimana Terhadap Manusia?

Anomali telah muncul sejak dekade lalu dan dalam beberapa tahun terakhir berkembang dengan pesat. Para ilmuan dan peneliti sepakat berspekulasi bahwa pelemahan tersebut adalah tanda bahwa Bumi sedang menuju pembalikan kutub, yaitu ketika kutub utara dan selatan berpindah tempat dan terakhir kali ini terjadi 780.000 tahun yang lalu, sebagaimana dikutip dari Daily Mail.

Setelah menganalisis data yang dikumpulkan oleh satelit Swarm, tim menemukan bahwa antara tahun 1970 hingga 2020, kekuatan di wilayah ini telah berkurang dari sekitar 24.000 nanoteslas menjadi 22.000. Bagi orang-orang yang berada di permukaan Bumi, anomali tidak menyebabkan bahaya, tetapi hanya berpengaruh pada pesawat ruang angkasa dan satelit.

Sementara ini, misteri tentang adanya asal usul Anomali Atlantika Selatan belum juga terpecahakan, namun menurut hasil pengamatan medan magnet dari satelit Swarm memberi wawasan baru mengenai interior Bumi yang memang sulit untuk di pahami

About dewi

Check Also

Inilah Cara Membedakan Emas Asli Atau Palsu

Emas merupakan salah satu aset yang paling berharga bagi sebagian orang.  Bagi sebagian kalangan, emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *