fbpx
Home / Gaya Hidup / Foodie / Fakta di Balik Misteri Air Dingin Baik atau Tidak Bagi Tubuh

Fakta di Balik Misteri Air Dingin Baik atau Tidak Bagi Tubuh

Puasa ramadan adalah merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Dalam menjalankan Puasa ramadan ini diharuskan untuk menahan haus dan lapar selama 29 atau 30 hari.

Nah, saat berbuka puasa, kamu pasti akan berbuka dengan minum yang menyegrakan atau bahkan air dingin untuk melepas dahaga bukan? Siapa sangka jika minum air dingin saat buka puasa justru berikan manfaat luar biasa bagi tubuh. Mungkin bagi sebagian orang berpikir bahwa minum dengan air dingin adalah hal yang tidak baik, maka mayoritas masyarakat memilih berbuka dengan air hangat seperti contoh the hangat.  Kebanyakan biasanya memilih untuk minum air hangat atau dengan suhu ruang demi kebaikan kondisi perut.

Terlebih, tak sedikit orang yang menganggap minum air dingin saat buka puasa berbahaya bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan banyak yang menilai minum air dingin dapat memengaruhi dan merusak fungsi organ atau sistem pencernaan. Namun apakah benar demikian?

Cepat mengilangkan dahaga

Faktanya anggapan tersebut ternyata belum didasari oleh penelitian medis yang teruji pasti.

BACA JUGA  Lomba Panjat Pinang Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sebagai Hiburan Acara Pernikahan dan Hajatan

Dilansir dari Kompas.com (4/5/2020), tim ahli spesialis kesehatan dari Columbia University menyatakan bahwa cairan yang masuk ke tubuh manusia tidak harus selalu bersuhu ruangan atau hangat untuk bisa diserap dengan mudah. Bahkan menurut American College of Sports Medicine’s Position Stand on Exercise and Fluid Replacement, cairan yang masuk tubuh perlu lebih dingin ketimbang temperatur sekitar.

Sebab minum air dingin mempunyai kelebihan dapat dengan cepat menghilangkan dahaga ketimbang air hangat. Terlebih lagi saat berpuasa, kita tidak mendapat asupan cairan selama kurang lebih 12 jam.

Tidak membahayakan Organ Manusia

Fakta lainnya mengenai air dingin adalah minum air dingin rupanya tidak membahayakan organ internal manusia. Minum air dingin justru disebut dapat membantu kinerja sistem pencernaan untuk lebih efisien usai berbuka puasa. Selain itu, minum air dingin saat buka puasa juga dapat membantu mencerna makanan di dalam perut dan membuat kita merasa cepat kenyang. Ini penting karena dapat mengontrol asupan kalori saat berbuka puasa.

BACA JUGA  Jangan Tidur Lagi, Inilah Tips Kegiatan Berfaedah Habis Sahur

Meskipun demikian, bukan berarti minum air dingin jauh lebih baik dari minum air hangat. Keduanya punya manfaat yang sama yakni memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Pasalnya, saat berpuasa seseorang sangat rentan terkena dehidrasi, yakni gangguan kesehatan yang diakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh.

Menurut Mayo Clinic, dehidrasi yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan tubuh merasa lelah, migrain, kejang-kejang, hingga pingsan. Maka dari itu, jangan biarkan tubuh kekurangan cairan setelah berpuasa karena berdampak buruk bagi kesehatan.

 

About dewi

Check Also

8 Eye Cream Terbaik, Rekomendasi Eye Cream yang Bagus, Krim Mata | Terbaru 2020

Wajah merupakan bagian tubuh yang sangat diperhatikan dan dirawat dengan penuh kasih sayang. Karena bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *