fbpx
FoodieGaya HidupKesehatan

Efek Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kebanyakan Makan Asin

Makanan memiliki berbagai rasa khas yang dimilikinya, seperti rasa asam, guruh, asin, pedas dan sebagainya. Banyak orang yang menyukasi makanan yang memiliki rasa tersebut. tentu saja dari setiap rasa makanan jika dikonsumsi secara berlebihan tubuh tidak sanggung untuk menetralisis rasa yang berlebihan, dan menimbulkan efek negates dalam tubuh.

Seperti makanan asin atau gurih yang banyak disukai oleh banyak orang, sampai merasa kecanduan apabila tidak mengkonsumsi makanan yang bercita rasa asin dan gurih. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka tubuh akan memberikan efek negative dari berlebihan asupan tersebut.

Menurut the American Heart Association, orang dewasa tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sodium lebih dari 2.300 Mg per harinya. Secara ideal tidak boleh lebih dari 1.500 Mg perhari. Banyak orang yang mengetahui jika kebanyakan asupan sodium yang ada di garam maka akan menyebabkan resiko tekanan darah tinggi.

Bukan hanya tekanan darah tinggi saja, tetapi juga memiliki efek lain yang ditimbulkan oleh tubuh jika terlalu banyak makan makanan yang asin atau gurih yang mengandung sodium di dalamnya. Berikut ini adalah efek yang ditimbulkan oleh tubuh jika kecanduan atau kebanyakan mengkonsumsi makanan yang asin dan gurih :

  1. Perut Kembung
BACA JUGA  Waspada Minum Boba Bisa Memunculkan Penyakit Jantung

Konsumsi makanan asin terus menerus atau kecanduang setiap harinya akan mengakibatkan perut terasa begah, kembung, terasa tidak nyaman, dan nyeri. Hal ini karena tubuh menahan air . dalam sebuah penelitian yang dimjuat dalam The American Journal Of Gastroenterology mendapatkan fajta bahwa perut kembung banyak dialami oleh orang yang mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar sodium yang tinggi.

Perut sakit dan rasa nyeri biasa diakibatkan oleh perut yang kembung.. sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan asin atau makanan yang memiliki sodium yang tinggi dalam sehari-hari atau hindari ketergantunganpada makanan asin.

  1. Berat Badan Naik

Makanan yang gurih dan renyah dapat membuat orang yang mengkonsumsinya merasa ketagihan dan sulit untuk berhenti, biasanya disebut dengan istilah ‘ngemil’ seperti makanan ringan, keripik, snack dan lainya.  Dalam penelitiana yang dilakukan oleh Deakin University mendapatkan penemuan tenatnag konsumsi makanan dengan kandungan garam berlebih maka akan membuat orang semakin lapar. Akhirnya mereka makan lebih banyak makanan gurih tetapi tidak mendapatkan rasa kenyang. Sehingga mengakibatkan kenaikan berat badan.

  1. Jerawat
BACA JUGA  Beberapa Makanan Ini Bisa Meredakan Sakit dan Memperkuat Sistim Imunitas

Ahli nutrisi mengungkapkan bahwa konsumsi makanan dan minuman dapat mempengaruhi terhadap kulit, ini berlaku juga untuk makanan asin dan gurih. Dalam sebuah penelitian, yang meneliti orang yang mengkonsumsi makanan yang bersodium rendah dan tinggi menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi sodium yang tinggi akan timbul jerawat.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Banyak asupan atau mengkonsumsi sodium yang tinggi dan kecanduan dapat mengakibatkan resiko kenaikan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Bukan berarti mengkonsumsi makanan yang asin akan selalu mengakibatkan resiko tekanan darah tinggi, melainkan pola makan itu sendiri.

Itulah efek yang dirasakan oleh tubuh jika kecanduan atau kebanyakan makan sodium, maka dari itu atur pola makan dan makanan agar dapat menyehatkan tubuh.

 

 

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close