fbpx
FoodieGaya HidupKesehatanTrik & Tips

Efek Yang di Timbulkan Oleh Tubuh Setelah Mengurangi Kebiasaan Ngopi

Kopi adalah sebuah biji-biijian hasil dari sebuah pohon yang tumbuh di daerah tropis. Kopi bisa diolah menjadi sebuah bubuk yang kemudian disedu dengan air dan ditambahkan dengan gula menjadi sebuah minuman yangdigemari banyak orang. Bagi sebagian banyak orang, meminum kopi adalah sebuah kegiatan yang wajib dilakukannya guna membangkitkan energy dalam tubuh dan biasanya digunakan sebagai teman begadang karena dapat menghilangkan kantuk.

Dalam kopi terdapat sumber dari kafein yang berguna sebagai membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan dalam diri. Dilansir dariĀ  Healtline yang dikutip dari Kompas.com mengatakan bahwa sekigtar 75 sampai 80 persen orang didunia mengkonsumsi kafein secara teratur dalam kehidupannya.

Kafein yang berada di kopi memiliki efek terhada tubuh, sehingga aka nada efek samping yang dirasakan ketika meminum atau mengkonsumsi yang mengandung kafein, diantaranya adalah

  1. gangguan tidur
  2. kegelisahan dalam diri
  3. depresi
  4. sakit perut atau kembung jika meminum kopi (beberapa orang mengalami kembung setelah meminum kopi)
  5. Refluk asam
  6. otot berkedut
  7. masalah kordiovaskular
  8. sakit tubuh
  9. kegugupan
  10. kesulitan dalam berkonsentrasi
  11. kesulitan bersosial
  12. sifat lekas marah
BACA JUGA  Kamu Harus Tahu! Ternyata Hal Sederhana Ini Dapat Membuat Orang Tuamu Bahagia

Seperti halnya sama dengan obat, tubuh dapat membiasakan diri untuk menyesueikan stimulus kafein dan membutuhkan lebih banyak lagi untukm merasakan efeknya. Menurut penelitian, mengkonsumsi kafein dengan dosis yang tinggi secara teratur antara 750 sampai 1.200 miligram perhari, dapat membuat tubuh membiasakan diri denganĀ  rangsangan dari kafein.

Dalam kopi, terdapat kafein yang berbeda-beda beratnya dan jenisnya sesuei dengan merk sebuah kopi tersebut. Rata-rata dalam secangkir kopi terdapat kafein sebanyak 95 miligram.

Setelah banyak mengkonsumsi kafein, maka seseorang akan merasakan ketergantungan, seperti ketidak mampuan untuk melakukan aktivitas dalam sehari-hari tanpa bantuan dari kafein. Selain dari itu, biasanya orang yang kecandungan kafein akan mengalami gejala:

  1. kelelahan
  2. energy rendah
  3. penurunan kewaspadaan
  4. Suasana hati menurun
  5. Suasana hati tertekan
  6. Kesulitan dalam bekonsentrasi
  7. Mudah marah
  8. Mual dan muntah

Gejalan penarikannya terjadi sekitar 12-24 jam atau ketika tidak mendapatkan asupan kafein puncah gelajanya biasanya terjadi saat 20-51 jam setelah asupan kafein dihentikan, dan akan berlangsung selama dua sampai Sembilan hari.

BACA JUGA  Inilah,Tips Sahur Ini Supaya Badan Gak Letoy

Untuk mengatasi kecanduan kafein, maka bisa dilakukan dengan cara berikut :

  1. Meningkatkan konsumsi air putih
  2. Mengganti minuman yang mengandung kafein dengan minuman yang bebas kafin
  3. Rutin berolahraga supaya menstimulus tubuh dan sistim saraf.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close