fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam Negeri

Diubah, PNS & BUMN Besok Tetap Masuk Kerja Seperti Biasa

Secara resmi pemerintah telah menetapkan pada 22 Mei 2020 bukan hari cuti bersama untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal tersebut artinya pada Jum’at besok ASN dan pegawai BUMN tidak libur. Berkaitan dengan informasi tersebut,  Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yakni Muhadjir Effendy usai mengikuti rapat terbatas internal siang tadi pada Rabu (20/5/2020). Berdasarkan rapat singkat menetapkan bahwa tanggal 22 Mei tahun 2020 bukan hari cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN.

Akhirnya ada kejelasan pasti mengenai jadi atau tidaknya cuti bersama di adakan pada 22 Mei 2020 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kepastian itu telah tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang baru. PNS dan pegawai BUMN besok tetap bekerja seperti biasa. Untuk perkaran SKB saat ini telah diambil atau di tangani oleh 3 menteri yakni Menteri Agama yakni Fachrul Razi, Menteri Ketenagakerjaan yakni Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yakni Tjahjo Kumolo.

BACA JUGA  Tokopedia Diretas, 15 Juta Data Pengguna Bocor! Ini Penjelasannya

Di dalam SKB perubahan ketiga tersebut yang dilaksanakan pada Kamis (21/5/2020) itu tertulis bahwa dengan resmi telah menghapus cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah pada tanggal 22 Mei 2020. Keputusan tersebut ditetapkan secara resmi pada tanggal 20 Mei 2020.

Berdasarkan penjelasan secara resmi dari pihak  Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama BKN yakni Paryono mengatakan bahwa dengan adanya SKB yang baru itu maka seluruh PNS akan tetap bekerja atau masuk seperti biasa pada besok. Namun sejatinya cuti bersama khusus untuk PNS diatur dalam keputusan presiden (Keppres).

Hal itu berdasarkan pada PP 11/2017 mengenai perihal cuti bersama untuk PNS diatur secara jelas dalam keppres. Sebagai informasi tambahan untuk ketiga kalinya, pemerintah juga telah memperpanjang pelaksanaan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi PNS. Melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 54/2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Surat Edaran Menteri PAN-RB No. 19/2020, PNS tetap bekerja dari rumah hingga 29 Mei 2020.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close