fbpx
InternetLuar NegeriTeknologiViral

Ditakuti Dunia, Kelompok Hacker Anonymous Dinilai Sangat Berpengaruh

Bagi orang yang sering menggunakan media online, mungkin sudah sering mendengar kelompok Hacker atau peretas paling berpengaruh di dunia, yaitu Anonymous. Belakangan ini mereka juga ikut merespon atas kasus kematian dari George Floyd. Mereka merilis video ancaman yang ditujukan pada Kepolisian Minneapolis (MPD).

Kasus tersebut bukanlah aksi pertama kelompok Anonymous ini, diketahui bahwa tahun 2008 merupakan awal kelompok ini kerap disebut sebagai aktivis dunia maya. Saat itu mereka meretas situs web Church of Scientology, hal itu mereka lakukan dengan tujuan untuk mengungkap kejahatan yang tidak bisa diselesaikan oleh polisi, kelompok ini juga telah banyak menghadapi tuntutan atas tindakannya tersebut.

Dilansir dari Akurat.co, Sabtu (13/6), kelompok Anonymous pertama kali muncul pada tahun 2003 lalu. Diketahui bahwa misi mereka adalah menentang sor dan pembatasan kebebasan berinternet, terlebih pengawasan online yang dilakukan oleh pemerintah.

Dalam bahasa Inggris, Anonymous memiliki arti tidak diketahui, mereka sangat merahasiakan identitasnya. Bahkan saat ini, baik jumlah, maupun asal mereka tidak diketahui, tidak ada informasi jelas tentang siapa yang bergabung dalam grup ini.

BACA JUGA  Tips Mengetahui Akun WhatsApp yang di Bajak

Kelompok ini sebenarnya adalah sekelompok individu tanpa bentuk yang dapat melibatkan siapa saja. kelompok ini dibuat untuk digunakan dan diadopsi oleh siapapun, jadi di dalam kelompok ini tidak ada pemimpin ataupun orang dalam grup ini yang mengomandoi setiap aksi yang dilakukan. Anggota dari grup ini bisa saja terdiri dari laki-laki, perempuan, demokratik, republic, muda, tua dan banyak lainnya. Nama dari kelompok ini sendiri terinspirasi oleh anonimitas user yang biasa memposting sesuatu di internet tanpa menyebut identitas aslinya.

Dengan tidak adanya pemimpin dalam kelompok ini, mereka bisa menyusup ke dimensi apapun untuk memobilisasi tidak hanya mesin tetapi tubuh. Saking hebatnya, kelompok ini banyak dari lembaga-lembaga pemerintah hingga para kriminal sekelas kartal takut kepadanya.

Untuk cara kerjanya sangatlah sederhana, individu akan mengusulkan tindakan, orang lain bergabung (atau tidak), kemudian bendera anonim dikibarkan saat beraksi. Saat mereka melakukan aksinya tersebut, tidak ada yang memberikan izin, pujian, atau penghargaan, setiap tindakan mereka menjadi imbalannya sendiri.

BACA JUGA  TEGANG! Adu Tembakan Senjata Korut vs Korsel di Zona Perbatasan, Lihat FOTO & VIDEO nya!

Mereka memiliki slogan, yaitu “We are Anonymous. We are Legion. We do not forgive. We do not forget. Expect us.”

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close