fbpx
Gaya HidupInternetLuar NegeriTeknologi

Di India, Angkatan Darat Diharuskan Hapus Facebook, TikTok, dkk! Ternyata Ini Alasannya

Dikabarkan bahwa Angkatan Darat India memerintahkan kepada pasukannya untuk menghapus sebanyak 89 aplikasi termasuk Facebook, TikTok, PUBG, Tinder dan masih banyak lainnya. Alasan dibalik hal tersebut menurut laporan dari media India mengatakan bahwa mereka mencegah kebocoran informasi strategis.

Menurut informasi, pelarangan yang dilakukan oleh Angkatan Darat India ini datang beberapa minggu setelah pemerintah India melarang 59 aplikasi dari Cina. Namun untuk kali ini daftar lebih besar dan tidak hanya terbatas untuk aplikasi yang berasal dari China saja.

Menurut detikNET yang dilansir dari NDTV pada Jumat (10/7/2020), daftar pelarangan 80 aplikasi tersebut diunggah oleh akun berita ANI di Twitter. Hal tersebut didasarkan menurut alasan angkatan darat India yang bertujuan untuk menambal potensi kebocoran informasi.

Pada akun Twitter tersebut tertulis, “Indian Army has asked its personnel to delete 89 apps from their smartphones including Facebook, TikTok, Truecaller and Instagram to plug leakage of information: Indian Army Sources”, “Angkatan Darat India telah meminta personelnya untuk menghapus 89 aplikasi dari telepon pintar mereka termasuk Facebook, TikTok, Truecaller, dan Instagram untuk memasang kebocoran informasi: Sumber Angkatan Darat India.”

BACA JUGA  Catat, Inilah Beberapa Benda yang Wajib ada di Tas Kantong Kamu di Masa New Normal
Sumber: Twitter-ANI

Atas berita tersebut, tentu membuat pasukan Angkatan Darat India mengharuskan menghapus semua aplikasi yang berada pada daftar tersebut, mereka diberi waktu hingga 15 Juli untuk menghapusnya. Jika mereka tidak segera menghapusnya, mereka harus bersiap menerima konsekuensi yang ada.

Pelarangan aplikasi tersebut juga mencakup berbagai aplikasi populer termasuk Fb, Instagram, Tinder, PUBG, hingga TikTok. Bahkan juga kategori yang lebih luas seperti seluruh aplikasi gaming Tencent, dan blog pribadi.

Dari daftar tersebut pada bagian atas tertulis bahwa yang dilarang merupakan aplikasi. Namun tidak diketahui apakah beberapa platform seperti Facebook atau Reddit juga dilarang atau tetap bisa dikunjungi menggunakan browser ponsel.

Diketahui bahwa pencekalan yang terjadi tersebut berkaitan dengan tegangnya hubungan antara India dan China dalam beberapa pekan terakhir. Namun kali ini tidak seperti pelarangan 59 aplikasi yang telah diumumkan, karena daftar ini hanya berlaku untuk anggota militer saja.

Sebenarnya hal ini bukan pertama kali untuk Angkatan Darat India, karena mereka juga pernah memberi peringatan kepada anggota yang menggunakan Facebook dan WhatsApp. Bahkan mereka juga dilarang membawa ponsel serta mengakses Facebook saat mereka berada di area seperti pangkalan militer, galangan kapal, dan juga kapal perang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close