fbpx
CORONA UPDATETeknologi

Fakta Hebatnya “Dexamethasone”, Obat yang Disebut Ampuh Melawan Covid-19 [WAJIB TAHU]

Saat ini masih banyak penelitian yang mencoba untuk membuat vaksin Covid-19. Dexamethasone/deksametason adalah sebuah obat atau vaksin yang dikembangkan oleh Inggris dan menjadi sebuah trobosan besar pada saat ini.

Pada kemarin, Selasa (16/06/2020) ahli peneliti yang berasal dari Universitas Oxford mengungkap tentang temuan awal yang menunjukkan bahwa dexamethasone berhasil untuk mengurangi resiko kematian pada pasien yang positif Covid-19 dengan kondisi yang sedang parah. Menandakan bahwa dexamethasone adalah obat pertama yang efektif bekerja untuk melawan virus covid-19.

Dexamethasone adalah sebuah obat yang biasanya digunakan sebagai obat reaksi alergi dan rheumatoid arthritis dan asma, gangguan darah/hormone/sistim kekebalan tubuh, masalah pernapasan, gangguan usus tertentu dan kanker tertentu yang berdosis rendah.

Dilansir dari AFR yang dikutip oleh Kompas.com pada Selasa (16/6/2020) dexamethasone adalah sebuah obat anti inflamasi, yaitu sebuah obat yang digunakan sebagai mengurangi peradangan, sehingga dapat meredakan nyeri dan juga bisa untuk menurunkan demam.

Sebanyak 2.000 pasien yang parah  positif Corona diberi resep dexamethasone. Hasilnya obat ini dapat menekan resiko kematian pasien dengan perbandingan satu banding tiga untuk pasien yang menggunakan alat ventilayor dan satu banding lima untuk pasien yang menggunakan alat tabung oksigen.

BACA JUGA  Kabar Baik, Uji Coba Vaksin Covid-19 di AS Memuaskan

Dengan memberikan dosis harian dexamethasone dapat mencegah kematian dari satu banding delapan pasien yang menggunakan ventilator danmenyelamatkan satu pasien dari 25 pasien yang menggunakan tabung oksigen. Selain upaya memberi dexamethasone kepada 2.000 pasien positif Covid-19 yang berstatus parah, peneliti juga melibatkkan 4.000 pasien sebagai kelompok control, kelompok ini tidak diberikan dexamethasone.

“Dexamethasone adalah obat pertama yang terbukti meningkatkan harapan hidup pasien Covid-19. Hasilnya sangat disambut baik,” kata Profesor Peter Horby, Profesor Emerging Infectious Diseases di Departemen Kedokteran Nuffield, Universitas Oxford.. “Dexamethasone tidak mahal, tersedia di seluruh Dunia, dan dapat digunakan untuk menyelamatkan pasien Covid=19 di Seluruh Dunia,” tambahnya.

Dexamethasone obat yang ada di dunia secara umum, jadi bisa digunakan sebagai pencegah. Tetapi harus menunggu informasi lebih lanjut untuk mengetahui efek yang pasti dan manfaat dari dexamethasone.

Seketaris Kesehatan Inggris Matt Hancock menyatakan dari sebuah hasil penelitianya mengetakan bahwa pasien Covid-19 yang berada di Inggris akan diberikan dexamethasone. Jika sejak awal peneliti tahu dan memberikan obat ini kepada pasien sejak awal meningkatnya kasus ini, mungkin sekitar 5.000 nyawa bisa diselamatkan menurut perkiraan para peneliti.

BACA JUGA  Vitamin K Ternyata Diyakini Dapat Melawan Covid-19, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Sekitar 40 persen pasien, yang menggunakan ventilator berakhir dengan meninggal karena sering merespon inflamasi dalam tubuh yang tidak terkendali terhadap virusnya. Sementara pasien yang diberikan dexamethasone dengan vebrator untuk angka kematianya turun sebanyak 30 persen.

“Ini adakah terobosan terbesar. Dexamethasone adalah obat pertama dan satu-satunya yang menunjukkan perbedaan secara signifikat terhadap angka kematian positif Covi-19,” Jelas Nick selaku pemimpin pemercepat terapeutik Covid-19 di badan amal kesehatan welcome Trust.

Sementara itu, dexamethasone saat diuji coba kepada pasien yang menderita sakit ringan, tidak menunjukkan ke efektifan dalam merawat pasien.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close