fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanLuar NegeriTravel

Deadvlei, Rawa Mati Indah yang Mempesona

Deadvlei atau Dead Vlei (rawa mati) adalah wajan tanah liat putih yang terletak di dekat garam Sossusvlei yang lebih terkenal, di dalam Taman Namib-Naukluft di Namibia. Juga ditulis DeadVlei atau Dead Vlei, yang berarti “dead marsh”. Merupakan bentang alam indah dan surealis yang beradal di sebuah rawa di Taman nasional Namib-Naukluft, Namibia.

Tmepat ini sebenarnya adalah rawa yang mati karena panasnya matahari di sebuah oase kering yang dikelilingi oleh bukit pasir raksasa berwarna keemasan. Awalnya ini terbentuk dari aliran Sungai Tsauchab yang meluap di daerah tersebut sehingga membentuk Claypan yakni lapisan di bawah permukaan tanah yang memiliki kandungan tanah liat.

Rawa dengan hamparan lahan yang kosong ini dialiri air Sungai Tsauchab setiap 5-10 tahun sekali, sehingga banyak pohon jenis akasia dan duri unta yang tumbuh di kawasan claypan tersebut selama ratusan tahun. Namun air yang bermuara ke rawa tersebut cepat terserap ke dalam tanah dan menguap karena perubahan iklim yang terjadi dengan cepat sehingga oase tersebut menjadi kering dan berubah menjadi cekungan dengan pohon-pohon yang mulai mati.

BACA JUGA  Konflik Panas, Adik Kim Jong Un Kirim Ancaman ke Korea Selatan
Sumber : Cerpin

Dari pepohonan yang mati tersebut hanya menyisakan batangnya saja tanpa dedaunan dan juga berwarna hitam seperti terbakar oleh matahari. Diperkirakan pohon disana telah berumur sekitar 900 tahun, namun belum membusuk karena iklim kering yang terus-terusan melanda Deadvlei. Panas, kering, dan tandus, 3 kata itu lah yang menggambarkan suasana di kawasan Deadvlei.

Namun, Deadvlei kini menjadi surga bagi para fotografer dikarenakan kawasan ini memiliki kontras warna alam dan langit yang tidak biasa. Dengan adanya pemandangan ini,  seolah-seolah kamu berada di alam yang berbeda dan surealis daripada bumi pada umumnya. Diketahui, Deadvlei ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit pasir yang tinggi hingga mencapai 1000 meter, terdapat juga rawa mati yang sama sekali tidak dihuni oleh makhluk hidup.

Karena lokasinya yang cukup jauh, kalau kalian ingin mengunjungi Deadvlei pastikan membawa pasokan air minum yang memadai. Sebagai stock bekal minuman saat menuju tempat. Tempat ini cocok juga lho untuk foto wedding ataupun sebagai tempat hang out.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close